rza3z0iXwfrhP0Bo61a36W2lz3i7Fxgii3ShC0NK

Cari Blog Ini

Laporkan Penyalahgunaan

Potensi Bolu Syom Jadi Produk yang Memiliki Indikasi Geografis

 

GUDATANews.com, Bengkulu - Nikmatnya kue bolu syom tidak diragukan lagi. Bolu yang terdiri dari beberapa lapisan dengan pembatas antar lapisan terdapat selai yag terbuat dari asam dan gula merah menambah nikmat dan khasnya rasa kue syom. Terdapat rasa manis, ada sedikit rasa asam jawa dan juga aroma telur yang merupakan bagian dari bahan pembuatan Bolu Syom. Selain itu makanan ini kaya akan gizi dan baik untuk stamina dan kesehatan. 

Kue bolu syom ini banyak disajikan dalam acara-acara pernikahan atau pun lebaran di lingkungan masyarakat Kota Bengkulu khususnya di daerah masyarakat Lembak seperti Tanjung Agung dan sekitarnya. Ada juga ditemukan di tempat lain tetapi di Kota Bengkulu sangat popular dan menjadi makanan khas selain kue tat, kue cucur, kue satu, kue perut punai dan lain-lain.

Sehingga saya berkeyakinan bahwa kue bolu syom ini sangat memungkinkan untuk didaftarkan oleh masyarakat atau Pemerintah Daerah menjadi produk yang mendapat izin Indikasi Geografis yang sering disebut IG. Sehingga produk ini akan menjadi produk yang lebih dikenal oleh masyarakat dan memiliki nilai jual yang lebih tinggi.

Indikasi Geografis adalah suatu tanda yang menunjukkan daerah asal dari suatu barang dan/ atau produk yang karena faktor lingkungan geografis termasuk faktor alam, faktor manusia, atau kombinasi dari kedua faktor tersebut memberikan reputasi, kualitas, dan karakteristik tertentu pada barang dan/ atau produk yang dihasilkan.

Indikasi geografis dapat merujuk pada nama tempat atau kata-kata yang berkaitan dengan suatu tempat yang digunakan untuk mengidentifikasi produk-produk yang berasal dari tempat-tempat tersebut dan memiliki karakteristik tersebut. Dengan kata lain, indikasi geografis memiliki empat komponen penting, yaitu nama, produk, asal geografis, dan kualitas, reputasi atau karakteristik lainnya.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis, hak atas indikasi geografis adalah hak eksklusif yang diberikan oleh negara kepada pemegang hak lndikasi geografis yang terdaftar, selama reputasi, kualitas, dan karakteristik yang menjadi dasar diberikannya pelindungan atas indikasi geografis tersebut masih ada. Dalam indikasi geografis terdapat hak-hak yang memungkinkan untuk mencegah penggunaan oleh pihak ketiga yang produknya tidak sesuai dengan standar yang berlaku.

Perlindungan indikasi geografis menjadi penting karena indikasi geografis juga merupakan hak milik yang memiliki nilai ekonomis, sehingga perlu mendapat perlindungan hukum.

Indikasi geografis juga merupakan tanda pengenal atas barang yang berasal dari wilayah tertentu atau nama dari barang yang dihasilkan dari suatu wilayah tertentu dan secara tegas tidak bisa dipergunakan untuk produk sejenis yang dihasilkan dari wilayah lain.

Selain itu, indikasi geografis juga dapat menjadi indikator kualitas yang menginformasikan kepada konsumen bahwa barang tersebut dihasilkan dari suatu lokasi tertentu dimana pengaruh alam sekitar menghasilkan kualitas barang dengan karakteristik tertentu yang terus dipertahankan reputasinya.

Indikasi geografis dapat juga merupakan strategi bisnis yang dapat memberikan nilai tambah komersial terhadap produk karena orisinalitasnya dan limitasi produk yang tidak bisa diproduksi daerah lain, hak eksklusif yang diberikan oleh negara kepada pemegang hak lndikasi geografis yang terdaftar, selama reputasi, kualitas, dan karakteristik yang menjadi dasar diberikannya pelindungan atas indikasi geografis tersebut masih ada. 

Dalam indikasi geografis terdapat hak-hak yang memungkinkan untuk mencegah penggunaan oleh pihak ketiga yang produknya tidak sesuai dengan standar yang berlaku. Perlindungan indikasi geografis menjadi penting karena indikasi geografis juga merupakan hak milik yang memiliki nilai ekonomis, sehingga perlu mendapat perlindungan hukum.

Selain itu, indikasi geografis juga dapat menjadi indikator kualitas yang menginformasikan kepada konsumen bahwa barang tersebut dihasilkan dari suatu lokasi tertentu dimana pengaruh alam sekitar menghasilkan kualitas barang dengan karakteristik tertentu yang terus dipertahankan reputasinya.

Indikasi geografis dapat juga merupakan strategi bisnis yang dapat memberikan nilai tambah komersial terhadap produk karena orisinalitasnya dan limitasi produk yang tidak bisa diproduksi daerah lain.

Produk bolu syom ini nantinya bisa dikemas yang bagus seperti kue Amanda yang terkenal itu. Bisa dijual di pusat-pusat perbelanjaan, toko oleh-oleh dan toko-toko kue serta Supermarket. Selain itu dapat dijual secara online melalui internet. Sebab produk ini cukup berkelas dan sangat cocok untuk oleh-oleh atau hadiah. Tidak kalah dengan produk lain yang sudah terkenal saat ini.

Sumber : Wikipedia dan sumber lainnya.

(Disusun oleh: Khohaning, SE Mahasiswa Magister Managemen UNIB)

Artikel Terkait

Artikel Terkait