rza3z0iXwfrhP0Bo61a36W2lz3i7Fxgii3ShC0NK

Cari Blog Ini

Laporkan Penyalahgunaan

Rofilah Raih Medali Perunggu Kompetisi Sains Nasional 2021

 

Rofilah Raih Medali Perunggu Kompetisi Sains Nasional 2021. (Foto: Dokumen)

GUDATAnews.com, Kota Bengkulu - "Assalamu'alaikum Bunda, maaf mengganggu waktunya. Saya ibu Wiwik dari SMP Negeri 4. Mohon izin untuk mengikutsertakan ananda Rofilah pada Kompetisi Sains Nasional (KSN) Tahun 2021, di bidang mata pelajaran IPS."

Kalimat di atas merupakan informasi yang saya terima dari Ibu Marwiyah atau akrab disapa Ibu Wiwik, salah satu guru di SMP Negeri 4 Kota Bengkulu dan juga menjabat Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan. Obrolan singkat via Whatsapp dan via telepon berlangsung pada pertengahan Agustus 2021.

Sejak hari itu resmi sudah ananda kami yang menyukai drama korea ini menjadi salah satu tim KSN SMP Negeri 4 tahun 2021. Hari-hari sibuk mulai dijalani oleh ananda kami.  Setiap hari diadakan latihan di sekolah dengan bimbingan 3 orang guru dan satu orang pembina. SMP Negeri 4 Bengkulu mengirimkan 9 orang siswa/siswinya pada KSN 2021, untuk berjuang dalam 3 bidang study berbeda (Matematika, IPA, dan IPS), 3 orang siswa/siswi kelas 9, serta 6 orang siswa/siswi kelas 8. Ananda Rofilah bersama 2 rekannya yang sama-sama kelas 9.1 mewakili 3 bidang study yang berbeda.

Amir mewakili untuk bidang study Matematika, Athiya mewakili bidang study IPA dan ananda Rofilah mewakili bidang study IPS. Karena masih pandemi Covid-19, semua serba online, jadi kesulitan sudah pasti ada, terkadang kendala utama adalah masalah signal yang hilang-timbul. Belum lagi tugas sekolah yang lumayan banyak, dan harus diselesaikan tepat waktu.

Sebenarnya dari pihak sekolah ada kelonggaran untuk peserta KSN dalam menyelesaikan tugas sekolah atau istilah kerennya bisa mengumpulkan tugas susulan. Tapi bagi ananda Rofilah, menunda tugas sama dengan menumpuk-numpuk tugas yang akan membuat tugas itu semakin banyak.

Setelah melalui latihan yang cukup melelahkan, KSN Tingkat Kota-pun dimulai. Dengan berbekal materi-materi yang sudah disampaikan oleh guru-guru pembimbing dan juga belajar melalui internet serta doa yang tiada putus-putusnya.

Alhamdulillah dari 9 orang siswa/siswi yang  diutus, 2 orang (Rofilah dan Kayla, rekannya) berhasil lolos melaju KSN ke Tingkat Provinsi dan keduanya berada pada bidang study yang sama yaitu Ilmu Pengetahuan Sosial.

Bisa melaju ke Tingkat Provinsi, beban yang dipikul ananda Rofilah dan Kayla semakin berat. Latihan rutin kembali dilakukan. (Bagian 1 bersambung/ Junni2406)

Artikel Terkait

Artikel Terkait