rza3z0iXwfrhP0Bo61a36W2lz3i7Fxgii3ShC0NK

Cari Blog Ini

Laporkan Penyalahgunaan

Ayam Goreng Crispy Request Sang Buah Hati


GUDATAnews.com, Kota Bengkulu
 – Memasak sebenarnya adalah salah satu dari hobbyku. Tapi karena kesibukan dan juga dikunjungi rasa malas, terkadang aku hanya memasak yang gampang-gampang saja. Tapi karena si Abang (anak ke dua) maunya hanya makan makanan yang dimasak Si Ummi, jadilah aku harus pandai-pandai mengolah bahan makanan.

Dari kecil si Abang terbiasa makan makanan yang diolah tangan Ummi. Alhasil si Abang cukup susah kalau disuguhi makanan yang dimasak orang lain.

Jadilah Si Ummi memasak Ayam Goreng Crispy yang sangat disukai kedua anak Ummi. Ini bukan kali pertama Ummi masak ayam goreng crispy.

Khusus hari ini, Ummi sengaja berbagi informasi ayam goreng crispy untuk Sahabat GUDATAnews.com dimana saja berada.

Di sini akan Ummi jelaskan secara singkat saja bagaimana proses memasak ayam goreng crispy yang renyah dan gurih untuk keluarga tercinta.

Alat:

Kompor, wajan, spatula/sutil, penjepit gorengan, mangkok 2 buah (yang memiliki tutup/bisa wadah dari tupperware dan mangkok biasa/tanpa tutup), piring, sendok makan, sendok teh, gelas, baskom sedang dan saringan penggorengan.

Bahan :

1/2 kg (6-8 potong) ayam ras yang sudah dibersihkan dan sudah direndam dengan perasan air jeruk nipis kurang lebih 30 menit

Kemudian dicuci kembali dan ditiriskan (tujuannya agar bau amis ayam hilang),

1 gelas tepung sajiku

2 gelas tepung terigu segitiga biru

1 sendok penuh tepung tapioca

seperempat sendok teh backing powder

1 bungkus royco

minyak goreng 1 liter/secukupnya

1 butir telur kocok lepas.

Cara Memasak :

Campur semua tepung, aduk rata dan tambahkan royco dan backing powder.

Ambil 4 sendok makan penuh tepung yang sudah diaduk tadi, masukkan ke dalam mangkok yang memiliki tutup, tambahkan air dan telur setengah sendok makan, lalu aduk rata kira-kira pas kekentalannya.

Kemudian masukkan ayam dan diaduk sampai semua ayam tenggelam dalam adonan, tutup mangkok lalu diamkan/simpan ke dalam kulkas selama kurang lebih 1 jam. Tujuannya agar adonan meresap ke dalam ayam.

Setelah 1 jam, keluarkan ayam dari kulkas. Siapkan sisa tepung tadi untuk mencelupkan adonan ayam.

Celupkan ayam ke dalam tepung kering, lalu dicubit-cubit dengan penjepit gorengan, agar ketika digoreng lebih mekar.

Goreng ayam ke dalam minyak panas dengan api sedang. Usahakan semua ayam tenggelam dalam minyak, agar matangnya sempurna.

Goreng ayam sampai matang dan berwarna kuning keemasan.

Setelah ayam matang, angkat menggunakan saringan, lalu letakkan di atas tisu agar sisa minyak yang melekat pada ayam terserap oleh tisu. Kemudian tata ayam di atas piring makan.

Ayam goreng crispy Ala Ummi, siap disantap. Ayam goreng crispy lebih nikmat jika ditemani sambal terasi dan lalapan mentimun. Rasanya jadi lebih yummy. (Junni2406)


Artikel Terkait

Artikel Terkait