rza3z0iXwfrhP0Bo61a36W2lz3i7Fxgii3ShC0NK

Cari Blog Ini

Laporkan Penyalahgunaan

Pesan Harian UJH: 360 Sendi Manusia

 


GUDATAnews.com, Bengkulu - Sungguh beruntung jika kita senantiasa sehat wal afiat. Sebab Allah dengan ke Maha Sempurnaan-Nya menciptakan manusia dengan 360 buah sendi. Satu sendi saja yang bermasalah maka akan mengganggu aktifitas kita.

Dimana sendi-sendi tersebut Allah pasangkan? 147 Sendi yang ada di tulang punggung, 24 sendi yang ada di dada, 86 sendi yang terletak pada area atas (tulang bahu, siku tangan, tangan dan tulang-tangan). 92 Sendi yang terletak di area bawah (paha, lutut, tulang lutut, kaki dan mata kaki). 11 Sendi yang ada di tulang panggul (antara tulang punggung dan tulang ekor, tulang pangkal paha, dan simfisis pubis). Jumlah keseluruhan 360 ruas.

Bagaimana merawat keseluruhan sendi-sendi tersebut? Laksanakan shalat Dhuha. Sebagaimana sabda Rasulullah. Pada pagi hari dihabiskan untuk seluruh orang di antara kalian untuk bersedekah. Setiap bacaan tasbih (subhanallah) bisa sebagai sedekah, setiap bacaan tahmid (alhamdulillah) bisa sebagai sedekah, setiap bacaan tahlil (laa ilaha illallah) bisa sebagai sedekah, dan setiap bacaan takbir (Allahu Akbar)  bisa sebagai sedekah. Begitu pula amar ma'ruf (ajak ketaatan) dan nahi mungkar (sedekah) adalah sedekah. Ini semua bisa dicukupi (diganti) dengan melaksanakan shalat Dhuha sebanyak 2 raka'at. (HR. Muslim)

Pagar Dewa, 26092022

Salam UJH. (Red)

Artikel Terkait

Artikel Terkait