rza3z0iXwfrhP0Bo61a36W2lz3i7Fxgii3ShC0NK

Cari Blog Ini

Laporkan Penyalahgunaan

Pesan Harian UJH: Akhlak

 


GUDATAnews.com, Bengkulu - Berbagai macam makna kata akhlak bila kita cari dari berbagai literatur tetapi akhlak bermuara pada kondisi kejiwaan. Bila di dalam maka bermakna hati yang baik. Bila keluar akan membentuk perilaku yang penuh sopan santun.

Hanya saja sopan santun ini bisa dalam bentuk sesungguhnya atau kebiasaan yang baik sehingga kita sebut orang yang baik. Di lain sisi sopan santun bisa juga dibuat-buat. Agama menyebutnya dengan istilah takhalluq yakni belajar berlaku baik. Seseorang yang baru belajar sopan santun belum termasuk kepada akhlak yang baik karena masih bersifat belajar atau takhalluq.

Ada lagi perilaku manusia selain takhalluq yakni basa-basi. Basa-basi bagian dari kebiasaan kita dan atas hal yang demikian kita sudah maklum. Misalnya bertemu dengan teman yang sedang makan dia ajak kita makan bisa jadi itu basa-basi tetapi kalau dia panggil pelayan untuk meminta menyajikan makanan buat kita yang demikian bisa saja takhalluq. Yang terindah adalah menjadi orang yang ber Akhlakul Karimah. Insha Allah.

Pagar Dewa, 09102022

Salam UJH. (Red)

 

Artikel Terkait

Artikel Terkait