rza3z0iXwfrhP0Bo61a36W2lz3i7Fxgii3ShC0NK

Cari Blog Ini

Laporkan Penyalahgunaan

Pesan Harian UJH: Harta dan Ilmu

 

Suasana belajar di Pondok Pesantren Ja-alHaq Kota Bengkulu. (Foto: Mitradi HFA)

GUDATAnews.com, Bengkulu - Bila kita ditanya pilih mana antara harta atau ilmu? Tentu kita bingung buat memilih sebab kedua-duanya penting. Kita peras keringat bekerja hingga tidak mengenal waktu tujuan utama kita adalah mencari harta. Demikian juga dengan ilmu. Sejak PAUD hingga perguruan tinggi.

Akan tetapi yang harus kita sadari adalah keabadian diantara kedua hal tersebut. Harta dalam bentuk kekayaan yang kita pakai atau digunakan terus menerus suatu saat akan habis. Sedangkan ilmu, keahlian  atau kecerdasan yang digunakan terus menerus akan meningkat. Dan disisi Allah pemilik ilmu mempunyai kedudukan yang tinggi. Ini Allah tuangkan dalam Al Muhadalah 11

يَرْفَعِ اللّٰهُ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مِنْكُمْۙ وَالَّذِيْنَ اُوْتُوا الْعِلْمَ دَرَجٰتٍۗ

"Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat"

 


Oleh karena itu dengan harta yang kita miliki jangan sombong dan beramal lah dengan harta. Dan dengan ketinggian ilmu yang Allah berikan jangan pula tinggi apalagi merendahkan orang lain, beramal lah dengan ilmu yang kita punyai. Andai kata bersatu mereka yang berharta dan berilmu maka tidak tertutup kemungkinan akan menuntaskan kemiskinan yang menyengsarakan.

Pagar Dewa, 16112022

Salam UJH. (Red)

Artikel Terkait

Artikel Terkait