rza3z0iXwfrhP0Bo61a36W2lz3i7Fxgii3ShC0NK

Cari Blog Ini

Laporkan Penyalahgunaan

Pesan Harian UJH: Indahnya Qona'ah

 

Mengelola lahan. (Foto: Mitradi HFA)

GUDATAnews.com, Bengkulu - Seberapapun kuatnya kita berusaha, bekerja, dan berdoa dalam hidup ini tidak mungkin akan terpenuhi semua yang kita inginkan, yang kita suka, dan yang kita harapkan. Maka dengan memiliki sifat Qona'ah akan membuat kita menyukai semua sekecil atau sesederhana apapun yang kita punya.

Diantara sifat-sifat terpuji dalam Islam dan yang sangat dianjurkan adalah memiliki sifat Qona'ah. Qana’ah dari segi bahasa berarti ‘cukup’ dan ‘merasa puas dengan setiap sesuatu yang telah dikaruniakan oleh Allah SWT dan tunduk serta akur dengan karunia-Nya’. Singkatnya, Qona’ah ini adalah sikap bersyukur akan apa yang telah diberikan oleh Allah SWT dan merasa cukup akan semua itu.

 

Namun demikian kita tetap wajib berusaha untuk memenuhi berbagai selera dan keinginan, hanya saja bila usaha dan sudah terlaksana dengan baik maka menerima apapun  hasilnya itu jauh lebih baik. Allah ta’ala berfirman,

إِنَّ رَبَّكَ يَبْسُطُ الرِّزْقَ لِمَنْ يَشَاءُ وَيَقْدِرُ إِنَّهُ كَانَ بِعِبَادِهِ خَبِيرًا بَصِيرًا

“Sesungguhnya Rabb-mu melapangkan rezeki kepada siapa yang Dia kehendaki dan menyempitkannya. Sesungguhnya Dia Maha Mengetahui lagi Maha Melihat akan hamba-hamba-Nya” (QS al-Israa : 30).

Dari Abdullah bin ‘Amr bin al-‘Ash bahwa Rasulullah bersabda

, قَدْ أَفْلَحَ مَنْ أَسْلَمَ وَرُزِقَ كَفَافًا وَقَنَّعَهُ اللَّهُ بِمَا آتَاهُ

“Sungguh sangat beruntung seorang yang masuk Islam, kemudian mendapatkan rizki yang secukupnya dan Allah menganugrahkan kepadanya sifat qona’ah (merasa cukup dan puas) dengan rezki yang Allah berikan kepadanya.”(HR: Muslim).

Pagar Dewa, 18122022

Salam UJH. (Red)

Artikel Terkait

Artikel Terkait