rza3z0iXwfrhP0Bo61a36W2lz3i7Fxgii3ShC0NK

Cari Blog Ini

Laporkan Penyalahgunaan

Pesan Harian UJH: Perjalanan Umroh Januari 2023 Hari ke 9 (Masha Allah Gua Hira)

 


GUDATAnews.com, Mekkah - Perjalanan ke Gua Hira adalah tour diluar paket travel. Artinya pulang pergi kesana dengan biaya masing-masing jama'ah dan dibimbing oleh Muthowif yang berpengalaman.

Sungguh sebuah pendakian yang cukup menguras tenaga. Meskipun sudah dibuatkan anak-anak tangga di lereng-lereng bukit hingga mencapai puncak dan turun sedikit ke gua tempat Rasulullah bertahannuts sungguh melelahkan. Selesai shalat asar bergerak menuju ke Jabal Nur dan menjelang Isya baru sampai ke puncak. Lalu shalat Maghrib dan isya secara jama' qashar di puncaknya. Wajar saja melelahkan karena tingginya mencapai 642 meter.

Hadir di puncak Jabar Nur malam hari sungguh indah. Gemerlap kota Makkah bisa dilihat dari puncak Jabal Nur. Dan shalat persis menghadap ke Baitullah karena nampak dari puncak tersebut dengan pedoman jam besar yang berdiri kokoh depan Baitullah. Sungguh tak terbayang kesendirian Rasulullah di dalam gua yang sempit di puncak Jabal Nur. Menetes air mata membayangkan betapa perjuangan Rasulullah meminta kepada Yang Maha Kuasa kala itu. Dan saat ini kita memeluk Islam sebagai agama yang di ridhoi-Nya. Ali Imran 19.

اِنَّ الدِّيْنَ عِنْدَ اللّٰهِ الْاِسْلَامُ ۗ وَمَا اخْتَلَفَ الَّذِيْنَ اُوْتُوا الْكِتٰبَ اِلَّا مِنْۢ بَعْدِ مَا جَاۤءَهُمُ الْعِلْمُ بَغْيًاۢ بَيْنَهُمْ ۗوَمَنْ يَّكْفُرْ بِاٰيٰتِ اللّٰهِ فَاِنَّ اللّٰهَ سَرِيْعُ الْحِسَابِ

Sesungguhnya agama di sisi Allah ialah Islam. Tidaklah berselisih orang-orang yang telah diberi Kitab kecuali setelah mereka memperoleh ilmu, karena kedengkian di antara mereka. Barang siapa ingkar terhadap ayat-ayat Allah, maka sungguh, Allah sangat cepat perhitungan-Nya.

Mekkah, 26012023

Salam UJH. (Red)

Artikel Terkait

Artikel Terkait