rza3z0iXwfrhP0Bo61a36W2lz3i7Fxgii3ShC0NK

Cari Blog Ini

Laporkan Penyalahgunaan

Pesan Harian UJH: Haji Gelombang II - Bag 17. Menuju Madinah

 


GUDATAnews.com, Bengkulu - Haji gelombang pertama berada di Madinah selama 9 hari, setelah itu mereka ke Mekkah. Sebaliknya haji gelombang kedua 2 ke Mekkah dulu setelah itu ke Madinah. Nah, setelah Tawaf Wada semua jamaah harus naik bus untuk menuju ke Madinah.

Selama di Madinah para jamaah haji hanya melaksanakan shalat 5 waktu di Masjid Nabawi. Jika 5 waktu kali 9 hari maka akan lebih dari 40 waktu para jamaah haji melaksanakan ibadah shalat wajib di Masjid Nabawi. Shalat sejumlah 40 waktu inilah yang disebut dengan arbai'in. Dasar keyakinan ini adalah sebuah hadits dari Anas bin Malik bahwa Nabi Shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: مَنْ صَلَّى فِي مَسْجِدِي أَرْبَعِينَ صَلاةً، لاَ يَفُوتُهُ صَلاةٌ، كُتِبَتْ لَهُ بَرَاءَةٌ مِنَ النَّارِ، وَنَجَاةٌ مِنَ الْعَذَابِ، وَبَرِئَ مِنَ النِّفَاقِ

Barang siapa shalat di masjidku empatpuluh shalat tanpa ketinggalan sekalipun, dicatatkan baginya kebebasan dari neraka, keselamatan dari siksaan dan ia bebas dari kemunafikan. (HR. Ahmad)

Salah satu tempat yang diburu para jamaah di Nabawi adalah Raudah. Raudah terletak di dalam masjid Nabawi di samping makam Rasulullah. Sejak covid untuk masuk ke Raudah diatur berdasarkan list nama jamaah. Dan masuk ke Raudah berbeda jam antara laki-laki dan perempuan. Jemaah haji perempuan masuk ke Raudhah melalui gerbang nomor 24 atau pintu Usman bin Affan. Untuk jemaah laki-laki, jadwalnya jam 13 - 14 waktu Arab Saudi dari gerbang 37 atau pintu Bilal Bin Rabah. Saat akan masuk ke Raudhah, jemaah menunjukkan tasrih (surat izin) yang berisi daftar nama yang telah diinput dalam e-haj. Surat tasrih itu akan dibagikan ke jemaah melalui Kasektor, Ketua Kloter, Ketua Rombongan, dan Ketua Regu.

Pagar Dewa, 25052023

Salam UJH. (Red)

Artikel Terkait

Artikel Terkait