rza3z0iXwfrhP0Bo61a36W2lz3i7Fxgii3ShC0NK

Cari Blog Ini

Laporkan Penyalahgunaan

Fahkri Pratama, Muazin Cilik dengan Segudang Prestasi

GUDATANews.com, Kota Bengkulu - "Suatu kebahagiaan bisa datang lebih awal di musala dan mengumandangkan azan. Karena malaikat mencatat siapa saja hamba Allah yang datang  pertama kali. Sudah pasti petugas azan harus tiba lebih awal, selain marbot," kata Fahkri Pratama, muazin cilik Musala Jamiatul Ihsan di Jalan  Siti Khadijah I, Pondokbesi, Kota Bengkulu, pada Sabtu, 11 September 2021. 

Fahkri Pratama yang merupakan putra sulung Bapak Chandra Amelius dan Ibu Rosmalina ini, lahir di Tanahdatar, Sumbar pada tanggal 30 Juni 2009. Chandra Amelius yang berprofesi sebagai pedagang, selalu menanamkan nilai-nilai keagamaan kepada Fahkri sejak balita. Jadi tidak mengherankan bila Fahkri aktif dan rajin di musala yang berada di dekat rumahnya.

Ada hal unik dan menarik yang terjadi kepada Fahkri. Biasanya yang menjadi muazin adalah orang-orang dewasa (paling kurang sudah remaja). Namun sejak masih bersekolah di Sekolah Dasar, Fahkri memberanikan diri mengumandangkan panggilan mulia tersebut sehingga    akhirnya ia pun terbiasa.

Karena tinggi badannya tidak mencukupi sampai ke pelantang (mikrophone) azan di musala, akhirnya para pengurus pun sepakat membuatkan sebuah kotak,  yang digunakan sebagai alas pijakan tempat Fahkri berdiri saat mengumandangkan azan. Hingga kini kotak alas pijakan itu masih tetap digunakan.

Fahkri yang terus menjadi langganan rangking 2 dan 3 sejak kelas 4 Sekolah Dasar ini, juga aktif mengikuti kegiatan kepramukaan yang diselenggarakan Gugusdepan berpangkalan di SD Negeri 8 Kota Bengkulu.

Warga Jalan Siti Khadijah I, No. 64 RT. II RW.I Pondokbesi, Kota Bengkulu ini, memiliki hobi membaca Alquran, membaca buku cerita, dan bersepeda. Ia pun memiliki makanan kegemaran seperti nasi goreng, sate padang, dan martabak bangka.

Adapun prestasi yang diraihnya adalah:

1. Juara III lomba baca puisi dalam acara peringatan Hari Anak Nasional tahun 2018 di Universitas Bengkulu.

2. Juara harapan II hapalan surat pendek dalam rangka lomba kreatifitas anak tahun 2017.

3. Juara I lomba rangking satu dalam rangka lomba kreatifitas anak tahun 2017.

4. Juara harapan II lomba azan tingkat SD/MI sekota Bengkulu, Generasi Rabbani Expo tahun 2020 dan milad SDIT Rabbani ke-13 tahun 2020.

5. Peserta hifzil Qur'an tingkat SD/MI se-Kota Bengkulu, Generasi Rabbani Expo th. 2020 dan milad SDIT Rabbani ke-13 tahun 2020.

6. Juara I lomba hapalan ayat-ayat pendek tingkat anak-anak pada peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 H tahun 2020.

7. Juara I lomba azan tingkat anak-anak, pada peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 H tahun 2020.

8. Juara III lomba hapalan hadis tingkat remaja pemula, pada peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 H tahun 2020.

Di rumahnya Fahkri memiliki seorang adik yaitu Fahra Syifa Charli, yang masih bersekolah di SD Negeri 8 Kota Bengkulu. Sehari-hari ia sering bermain dengan adik kesayangannya itu.

Kini Fahkri  tercatat sebagai siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Bengkulu kelas 7 dan juga menjadi santri di Bait Quran Baharuddin Saleh di Jalan Soekarno Hatta I, Anggutatas, Kota Bengkulu.

Bila ingin berkenalan lebih lanjut dengan Fahkri, ia bisa dihubungi melalui nomor HP. 0831 73306211. (Yovi Guantara Tanjung)

 

Artikel Terkait

Artikel Terkait