rza3z0iXwfrhP0Bo61a36W2lz3i7Fxgii3ShC0NK

Cari Blog Ini

Laporkan Penyalahgunaan

SMAM 4 Kota Bengkulu Diet Karbon dengan PLTS Gotong Royong (1)

 Panel Surya PLTS Gotong Royong dan Kepala SMAM 4 Kota Bengkulu, Sutanpri. (Foto: Mitradi)

GUDATAnews.com, Kota Bengkulu - Ketika ujian daring berlangsung dengan menggunakan perangkat komputer, tiba-tiba aliran listrik terputus di SMA Muhammadiyah (SMAM) 4 Kota Bengkulu. Seketika para siswa peserta ujian pun panik. Karena konsentrasi mereka terganggu akibat pemadaman listrik secara mendadak tersebut.

Tampilan layar komputer tentang soal-soal yang sedang dikerjakan pun hilang dari pandangan mata. Para siswa peserta ujian pun menjadi bingung dan panik. Karena mereka dibatasi waktu untuk menyelesaikan ujian. Sementara pada waktu bersamaan tak bisa menjawab soal ujian.

‘’Alhamdulillah sekarang kami pihak sekolah selaku panitia ujian online yang menggunakan komputer, tidak panik lagi bila terjadi pemadaman aliran listrik dari PLN. Kini kami menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) untuk  kebutuhan laboratorium komputer, wifi, lampu, dan CCTV,’’ kata Kepala SMAM 4 Kota Bengkulu, Sutanpri.

Bertepatan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2020 lalu, SMAM 4 Kota Bengkulu menggunakan PLTS yang bersumber dari  energi ciptaan Tuhan Yang Maha Esa yakni berupa panas sinar matahari yang tidak bisa diragukan oleh siapa pun di muka bumi ini.

Selain digolongkan sebagai energi bersih, sinar matahari merupakan sumber energi sepanjang masa kehidupaan yang mampu mencegah polusi udara. Energi sinar matahari adalah ciptaan Tuhan Yang Maha Esa yang sangat sakti, bagi kelangsungan hidup manusia.

Laboratorium Komputer SMAM 4 Kota Bengkulu bersumber PLTS. (Foto: Mitradi) 

Pemanfaatan energi ciptaan Tuhan Yang Maha Esa  yakni sinar matahari mampu  mendukung Gerakan #AyoDietKarbon untuk mencegah semakin parahnya polusi udara yang kini melanda dunia, termasuk Provinsi Bengkulu.

PLTS bisa terwujud atas kerja sama antara SMAM 4 Kota Bengkulu dengan Yayasan Kanopi Hijau Indonesia. Sumber energi yang melimpah dan anti polusi udara yakni sinar matahari direalisasikan dalam  program sekolah energi bersih yaitu sekolah dengan fasilitas listrik untuk pembelajaran bersumber dari energi terbarukan, listrik tenaga surya.

Program sekolah energi bersih ini adalah investasi jangka panjang sekaligus kontribusi SMAM 4 Kota Bengkulu untuk menyelamatkan lingkungan dan mencegah polusi udara. (Bersambung/ Mitradi)

Artikel Terkait

Artikel Terkait