rza3z0iXwfrhP0Bo61a36W2lz3i7Fxgii3ShC0NK

Cari Blog Ini

Laporkan Penyalahgunaan

Pesan Harian UJH: Ada Apa di 15 Agustus?

 


GUDATAnews.com, Bengkulu - Sungguh berat bagaimana memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia hingga teriakan Proklamasi 17 Agustus 1945 digaungkan oleh Presiden Soekarno waktu itu. Membutuhkan beratus tahun dan dijajah oleh berbagai negara. Belanda penjajah republik ini yang paling lama dan Jepang penjajah yang paling kejam dalam catatan sejarah.

15 Agustus 1945 adalah hari Jepang menyerah tanpa syarat karena negaranya luluh lantak akibat bom di Hiroshima dan Nagasaki. Berselang dua hari setelah itu, Indonesia memproklamirkan kemerdekaannya.

Kini sudah 77 tahun kita merdeka. Merdeka tidak dijajah oleh negara-negara penjajah tetapi tetap dijajah oleh pekerja asing yang membuat banyak anak-anak Indonesia harus menganggur sebab beberapa bidang yang bisa dikerjakan oleh anak-anak negeri diserahkan pada tenaga kerja asing.

Warga pedesaan terjajah oleh sesama anak negeri lewat perkebunan dan tambang sehingga nyaris tidak menyisakan lahan buat petani desa. Tetapi mereka tetap bahagia saat lomba makan kerupuk, lari dalam karung, panjat pinang, dan permainan lainnya.

Pagar Dewa, 15082022

Salam UJH.(Red)

Artikel Terkait

Artikel Terkait