rza3z0iXwfrhP0Bo61a36W2lz3i7Fxgii3ShC0NK

Cari Blog Ini

Laporkan Penyalahgunaan

Pesan Harian UJH: Perjalanan Umroh (Bag. 7. Ada Perbedaan)

 


GUDATAnews.com, Mekkah - Beberapa tempat yang padat dan senantiasa dikunjungi jama'ah saat ini mengalami perubahan. Satu sisi ini terasa membatasi jama'ah untuk ibadah di tempat-tempat yang dituju, tapi sisi lain ibadah terasa lebih nyaman tidak berdesakan.

Di Madinah untuk ke Raudah tidak lagi leluasa seperti dahulu karena saat ini sudah diatur dan dengan surat resmi menyertai nama travel, jumlah jama'ah dan masuk dengan sistem antrian. Setelah masuk diberikan waktu untuk ibadah di Raudah sekitar 15 sampai 20 menit, namun suasananya lebih terasa lebih luas, lapang, dan nyaman.

 


Di Mekkah bila ingin shalat 5 waktu di pelataran Baitullah harus menggunakan pakaian ihram. Sebab hanya diperuntukan untuk mereka yang tawaf. Sementara yang pakaian dengan baju biasa diarahkan ke lantai 3 dan 4. Hanya saja masih bisa diakali caranya setiap mau shalat 5 waktu menggunakan pakaian ihram sehingga penjaga mengira kita ingin tawaf. Untuk itu perlu persiapan ihram 2 stel karena tidak mungkin setiap hari menggunakan pakaian ihram yang sama. Sebab kotor dan kita juga merasa kurang nyaman. Solusinya 1 stel dicuci, 1 stelnya untuk digunakan untuk shalat.

Mekkah, 19102022

Salam UJH. (Red)

 

Artikel Terkait

Artikel Terkait