rza3z0iXwfrhP0Bo61a36W2lz3i7Fxgii3ShC0NK

Cari Blog Ini

Laporkan Penyalahgunaan

Pesan Harian UJH: Perjalanan Umroh (Bag. 11. Umroh Mabruroh)

 


GUDATAnews.com, Jakarta - Sekecil apapun amal baik yang dilakukan oleh siapapun pasti berharap bahwa amalannya diterima bermanfaat buat dirinya dan buat orang lain. Apalagi ibadah yang berat seperti Umroh. Butuh dana, tenaga dan perjuangan. Harus meninggalkan keluarga dan pekerjaan. Penuh keterikatan dengan aturan serta doa yang senantiasa meluncur dari lisan. Maka harapan terbaik dari orang yang berumroh adalah Umroh yang mabrur, Umroh yang diterima.

Umroh mabrur menurut bahasa adalah umroh yang baik atau yang diterima oleh Allah SWT. Sedangkan menurut syar'i, Umroh mabrur adalah Umroh yang dilaksanakan sesuai dengan petunjuk Allah dan Rasul-Nya, dengan memperhatikan berbagai syarat, rukun, wajib, dan  menghindari dari hal-hal yang dilarang dengan penuh konsentrasi dan  penghayatan semua semata-mata atas dorongan iman dan mengharap ridho Allah semata.

Lalu apa tanda-tanda? Banyak ulama mengatakan tanda-tanda Umroh mabrur yakni adanya perubahan perilaku yang baik sebelum dan sesudah Umroh. Semakin taat dalam ibadah, senantiasa Shalat 5 waktu di masjid,  baik tutur katanya dan santun pribadinya. Insha Allah.

Demikian perjalanan Umroh bersama UJH. Insha Allah bulan Desember 2022 kembali Umroh bersama UJH.

Jakarta, 23102022

Salam UJH. (Red)

Artikel Terkait

Artikel Terkait