rza3z0iXwfrhP0Bo61a36W2lz3i7Fxgii3ShC0NK

Cari Blog Ini

Laporkan Penyalahgunaan

Pesan Harian UJH: Donasi Cianjur

 

Pemakaman. (Foto: Mitradi HFA)

GUDATAnews.com, Bengkulu - Pertanggal 23 November 2022 baca di online. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan, sudah ditemukan 271 orang dalam keadaan meninggal dunia. Dari jumlah tersebut sebanyak 122 orang dari 268 jenazah itu sudah teridentifikasi, sisanya hingga saat ini belum teridentifikasi. Kerugian materiil, sebanyak 6.570 rumah rusak berat, 2.071 unit rumah rusak sedang, dan 12.641 rumah rusak ringan. Pihaknya kata dia, masih terus melaksanakan pendataan terkait kerugian materiil yang diderita. Demikian dikutip dari kompas.com.

Mulai informasi Cianjur yang porak poranda. Sejak itu doa-doa melayang ke Arasy kiranya yang musibah dapat sabar dan yang meninggal Allah tetapkan syahid dunia atas mereka. Akan tetapi tidak cukup dengan doa sebab yang masih luka berat, luka ringan. Rumah mereka yang tidak bisa lagi dihuni itu semua butuh ukuran tangan kita.

 


Mari kita mendonasikan sebatas kita mampu melalu berbagai lembaga, sekolah, instansi pemerintah, swasta. Membantu mereka. Kalau dalam bentuk makanan mungkin sudah banyak tetapi mereka butuh uang untuk membangun kembali rumah-rumah mereka. Dan entah sampai kapan mereka harus tidur di tenda pengungsian. Sementara bila berharap pemerintah yang bangun, mungkin masih lama karena penggunaan dana yang cukup besar mesti melalui mekanisme yang tepat dan benar agar tidak ada kebocoran. Jangan malu mendonasikan walau hanya 10 ribu rupiah sebab kita tidak sendiri, akan ada jutaan orang lain yang ikut menolong saudara-saudara kita yang sedang musibah. Ibnu Mas’ud radhiyallahu’anhu berkata,

يُحْشَرُ النَّاسُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ أَعْرَى مَا كَانُوا قَطُّ، وَأَجْوَعُ مَا كَانُوا قَطُّ، وَأَظْمَأُ مَا كَانُوا قَطُّ، وَأَنْصَبُ مَا كَانُوا قَطُّ، فَمَنْ كَسَا لِلَّهِ عَزَّ وَجَلَّ كَسَاهُ اللَّهُ، وَمَنْ أَطْعَمَ لِلَّهِ عَزَّ وَجَلَّ أَطْعَمَهُ اللَّهُ، وَمَنْ سَقَى لِلَّهِ عَزَّ وَجَلَّ سَقَاهُ اللَّهُ، وَمَنْ عَفَا لِلَّهِ عَزَّ وَجَلَّ أَعْفَاهُ اللَّهُ.

“Manusia akan dikumpulkan di hari kiamat dalam keadaan sangat membutuhkan pakaian, sangat kelaparan, sangat kehausan dan sangat kepayahan melebihi yang pernah mereka rasakan (di dunia), maka siapa yang (ketika di dunia) pernah memberi pakaian karena Allah ‘azza wa jalla, Allah akan memakaikan pakaian kepadanya, siapa yang pernah memberi makan karena Allah ‘azza wa jalla, Allah akan memberi makan kepadanya, siapa yang pernah memberi minum karena Allah ‘azza wa jalla, Allah akan memberi minum kepadanya, siapa yang pernah memaafkan karena Allah ‘azza wa jalla, Allah akan menjadikan manusia memaafkan kezalimannya.”

Pagar Dewa, 24112022

Salam UJH. (Red)

Artikel Terkait

Artikel Terkait