rza3z0iXwfrhP0Bo61a36W2lz3i7Fxgii3ShC0NK

Cari Blog Ini

Laporkan Penyalahgunaan

Pesan Harian UJH: Hukum Suka Posting Sesuatu di Sosial Media

 


GUDATAnews.com, Bengkulu - Dalam lubuk dapat diukur isi hati seseorang siapa yang tau. Maka itu Rasulullah pernah bersabda :

إِنَّمَا الْأَعْمَالُ بِالنِّيَّةِ وَلِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى

Amal itu tergantung niatnya, dan seseorang hanya mendapatkan sesuai niatnya. (HR. Bukhari Muslim)

Zaman sekarang kita hidup nyaris tanpa batas. Apa saja aktivitas teman, keluarga atau sahabat bisa kita pantau. Baik melalui postingannya atau kita komunikasi langsung. Salah satu kebiasaan banyak orang di era sekarang ini adalah  memposting segala sesuatu yang terkait dengan dirinya. Masakan, makan di luar, aktivitas liburan keluar kota, kendaraan, kebun, sawah, pakaian, perhiasan dan entah apa lagi. Lalu apa hukumnya dalam Islam yang demikian itu? Jika niatnya pamer dan menyombongkan diri maka hukumnya dosa tidak boleh tetapi kalau bukan sombong hanya ingin berkhabar pada teman dan keluarga hukumnya boleh. Firman Allah dalam Al Qashash 76.

إِنَّ قَارُونَ كَانَ مِنْ قَوْمِ مُوسَىٰ فَبَغَىٰ عَلَيْهِمْ ۖ وَآتَيْنَاهُ مِنَ الْكُنُوزِ مَا إِنَّ مَفَاتِحَهُ لَتَنُوءُ بِالْعُصْبَةِ أُولِي الْقُوَّةِ إِذْ قَالَ لَهُ قَوْمُهُ لَا تَفْرَحْ ۖ إِنَّ اللَّهَ لَا يُحِبُّ الْفَرِحِينَ

Sesungguhnya Qarun adalah termasuk kaum Musa, maka ia berlaku aniaya terhadap mereka, dan Kami telah menganugerahkan kepadanya perbendaharaan harta yang kunci-kuncinya sungguh berat dipikul oleh sejumlah orang yang kuat-kuat. (Ingatlah) ketika kaumnya berkata kepadanya: “Janganlah kamu terlalu bangga; sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang terlalu membanggakan diri”. (Al-Qashas : 76)

Oleh karena itu, kita tidak boleh menjudge bahwa setiap orang yang suka mengupload foto makanan, kegiatan dan apa saja yang dilakukannya di sosial media adalah orang yang suka pamer, sebab semua tergantung niat masing-masing. Yang perlu kita lakukan hanya berusaha untuk menjauhinya dan mendoakan agar saudara-saudara kita tidak termasuk orang-orang yang suka pamer dan berbangga-bangga terhadap apa yang dia miliki.

Pagar Dewa, 28122022

Salam UJH. (Red)

 

Artikel Terkait

Artikel Terkait