rza3z0iXwfrhP0Bo61a36W2lz3i7Fxgii3ShC0NK

Cari Blog Ini

Laporkan Penyalahgunaan

Pesan Harian UJH: Berdebat dalam Pandangan Islam

 

Suasana belajar. (Foto: Mitradi)

GUDATAnews.com, Bengkulu -  Saat duduk di depan penguji dalam berbagai jenjang pendidikan seorang mahasiswa harus mampu mempertahankan hasil karya ilmiah yang telah disusun dengan argumen yang baik dan dengan dalil yang tepat sesuai dengan judul yang digarap. Maka debat yang seperti ini adalah boleh.

Adapun debat yang dilarang itu adalah debat kosong atau debat yang tidak didasari dengan ilmu pengetahuan, dilakukan dengan cara tidak baik seperti menggunakan kata-kata yang buruk, kasar, emosi, menyakitkan hati, dan semata-mata debat dilakukan dengan niatan untuk merendahkan pihak lawan.

 


Rasulullah melarang untuk berdebat dengan cara yang tidak baik tersebut tertera pada hadits.

عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّ أَبْغَضَ الرِّجَالِ إِلَى اللهِ الْأَلَدُّ الْخَصِمُ [رواه المسلم].

Dari Aisyah (diriwayatkan) ia berkata, Rasulullah saw bersabda, “Sesungguhnya orang yang paling Allah benci adalah orang yang suka membantah lagi sengit.” [HR. Muslim, No. 2668]

Hujjatul Islam Imam Syafi'i menghadapi orang-orang yang suka berdebat tanpa ilmu adalah demikian

ﺍِﺫَﺍ ﻧَﻄَﻖَ ﺍﻟﺴَّﻔِﻴْﻪُ ﻭَﺗُﺠِﻴْﺒُﻬُﻔَﺦٌﺮْﻳَ ﻣِﻦْ ﺍِﺟَﺎﺑَﺘِﻪِ ﺍﻟﺴُّﻜُﻮْﺕُ

"Apabila orang bodoh mengajak berdebat denganmu, maka sikap yang terbaik adalah diam, tidak menanggapi."

ﻓَﺎِﻥْ ﻛَﻠِﻤَﺘَﻪُ ﻓَﺮَّﺟْﺖَ ﻋَﻨْﻬُﻮَﺍِﻥْ ﺧَﻠَّﻴْﺘُﻪُ ﻛَﻤَﺪًﺍ ﻳَﻤُﻮْﺕُ

"Apabila kamu melayani, maka kamu akan susah sendiri. Dan bila kamu berteman dengannya, maka ia akan selalu menyakiti hati."

Oleh karena itu, perlu ada etika dalam berdebat, sehingga ada hasil, ada solusi dari masalah yang diperdebatkan. Dan dengan hasil atau solusi tersebut bisa menjadi pegangan atau pedoman bagi yang lainnya. Ilmu pengetahuan pun akan berkembang semakin luas serta mendorong kita untuk selalu berfikir, belajar dan bertanya pada yang lebih paham.

Pagar Dewa, 08012023

Salam UJH. (Red)

Artikel Terkait

Artikel Terkait