rza3z0iXwfrhP0Bo61a36W2lz3i7Fxgii3ShC0NK

Cari Blog Ini

Laporkan Penyalahgunaan

Pesan Harian UJH: Jum'at Berkah

 

Ibadah shalat Jum’at. (Foto: Mitradi HFA)

GUDATAnews.com, Bengkulu - Bagi umat muslim khususnya dan hampir semua orang paham istilah Jumat berkah walaupun belum paham tentang apa Jum'at berkah.

Jumat Berkah artinya hari Jumat itu penuh kebaikan dan keutamaan. Jumat adalah hari khusus memaksimalkan ibadah atau amal kebaikan, seperti sedekah yang pahalanya dilipatkgandakan oleh Allah SWT. Rasulullah bersabda,

“مَنِ اغْتَسَلَ ثُمَّ أَتَى الْجُمُعَةَ فَصَلَّى مَا قُدِّرَ لَهُ ثُمَّ أَنْصَتَ حَتَّى يَفْرُغَ مِنْ خُطْبَتِهِ ثُمَّ يُصَلِّي مَعَهُ غُفِرَ لَهُ مَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْجُمُعَةِ اْلأُخْرَى وَفَضْلُ ثَلاَثَةِ أَيَّامٍ.”

“Barang siapa yang mandi lalu berangkat Jum’at, kemudian mendirikan shalat semampunya, selanjutnya diam mendengarkan khutbah (imam) hingga khutbahnya selesai kemudian shalat bersama imam, niscaya akan diampuni dosa-dosanya antara Jum’at itu hingga Jum’at berikutnya dan ditambah tiga hari lagi.”

 


Itulah sebabnya banyak orang memanfaatkan keberkahan hari Jum'at dengan berbagai macam amal. Melaksanakan yasinan setiap malam Jum'at. Berinfak pada yatim dan fakir miskin. Berbagi makan pada kaum dhuafa. Menggelar pengajian subuh Jum'at dan entah apalagi kegiatan yang dibuat dalam rangka meraih keberkahan Jum'at.

Pagar Dewa, 10022023

Salam UJH. (Red)

Artikel Terkait

Artikel Terkait