rza3z0iXwfrhP0Bo61a36W2lz3i7Fxgii3ShC0NK

Cari Blog Ini

Laporkan Penyalahgunaan

Pesan Harian UJH: Bukber dan Fasilitas Ibadah

 

Buka puasa bersama di bulan Ramadan. (Foto: Mitradi HFA)

GUDATAnews.com, Bengkulu - Salah satu kegiatan bulan Ramadhan yang sering dilakukan oleh ummat Islam dalam rangkaian puasanya adalah buka puasa bersama (bukber). Berbagai lapisan masyarakat menggelar acara ini. Baik instansi pemerintah, swasta atau kelas masyarakat biasa.

Bagi yang elite mereka menggelar di hotel-hotel bahkan hotel berbintang. Bagi masyarakat biasa mereka menggelar di lokasi yang menyediakan kuliner dengan berbagai macam tawaran menu. Maka itu, terlihat ramai di beberapa tempat kuliner apalagi tempatnya nyaman dan strategis. Hanya terkadang pemilik kuliner kurang mengantisipasi sarana ibadah. Mulai dari mushala, tempat wudlu dan toilet. Sehingga banyak peserta buka puasa yang buru-buru buka puasa lalu pulang atau bubar karena tempat shalat yang kecil, tempat wudlu kurang krannya.

 


Menjelang Ramadhan ada baiknya pengelola kuliner memikirkan dan menyiapkan tempat ibadah bagi pengunjung mulai dari toilet yang nyaman, kran tempat berwudlu sehingga tidak panjang dan lama antrian serta mushalla yang agak luas dan bersih. Jika fasilitas seperti ini tersedia. Insha Allah tiap sore akan ramai dan menjadi rujukan bagi siapa pun yang mau mengadakan buka puasa bersama. Disebutkan dalam hadis riwayat Abu Dawud dan Ibnu Majjah, Nabi Saw. bersabda;

كُلُوْا جَمِيْعًا فَان اْلبَرَكَةَ مَعَ اْلجَمَاعَةِ

“Makanlah kalian secara bersama-sama, sesungguhnya keberkahan ada pada makan bersama.”

Pagar Dewa, 18032023

Salam UJH. (Red)

 

Artikel Terkait

Artikel Terkait