rza3z0iXwfrhP0Bo61a36W2lz3i7Fxgii3ShC0NK

Cari Blog Ini

Laporkan Penyalahgunaan

Pesan Harian UJH: Tuntaskan Sebelum Ramadhan Berakhir

 

Foto: Mitradi HFA

GUDATAnews.com, Bengkulu - Jika tersisa beberapa juz lagi untuk khatam Al Qur’an segera tuntaskan minimal bisa satu kali dalam Ramadhan tahun ini khatam Qur’an. Apalagi sampai 2 atau 3 kali khatam.

Jika belum dihitung berapa penghasilan kita dari berbagai sumber untuk menentukan apakah kita sudah wajib mengeluarkan zakat maal, maka hitung lah. Standarnya 85 gram emas. Jika kita memperoleh keuntungan, gaji, hasil usaha apapun asal halal mencapai senilai emas 85 gram emas dan sudah setahun maka wajib keluarkan 2,5 % zakatnya karena itu bukan hak kita.

 


Jika masih ada beras untuk dimakan sampai sehari setelah lebaran berzakat fitrahlah. Dan jika kita sudah mengeluarkan zakat fitrah setelah itu panitia zakat mengantarkan zakat kepada kita terimalah. Sebab kewajiban kita sudah selesai bila penghasilan kita masih dibawah upah minimum regional maka ada hak kita menerima zakat. Jika panitia zakat tidak mengantarkan zakat untuk kita artinya ada orang yang lebih susah dari kita. Maka bersyukurlah. Ingat, Ramadhan akan berakhir. Amalkan di akhir Ramadhan adalah sebagai berikut:

أَللَّهُمَّ لاَ تَجْعَلْهُ آخِرَ الْعَهْدِ مِنْ صِيَامِنَا إِيَّاهُ، فَإِنْ جَعَلْتَهُ فَاجْعَلْنِيْ مَرْحُوْمًا وَ لاَ تَجْعَلْنِيْ مَحْرُوْمًا

Artinya: " Ya Allah, janganlah Engkau jadikan puasa ini sebagai yang terakhir dalam hidupku. Seandainya Engkau berketetapan sebaliknya, maka jadikanlah puasaku ini sebagai puasa yang dirahmati bukan yang hampa semata."

Pagar Dewa, 16042023

Salam UJH. (Red)

Artikel Terkait

Artikel Terkait