rza3z0iXwfrhP0Bo61a36W2lz3i7Fxgii3ShC0NK

Cari Blog Ini

Laporkan Penyalahgunaan

Pesan Harian UJH: Luas-luaskan Pikiran

 


GUDATAnews.com, Bengkulu - Akhir-akhir ini bahkan di bulan puasa ini entah sudah berapa kali membaca berita tentang kasus bunuh diri. Baik laki-laki maupun perempuan, dengan berbagai latar belakang penyebab. Kemarin terbit lagi berita seorang ibu yang sedang hamil 5 bulan minum racun serangga.

Mengapa demikian? Tentu faktor pertama karena lemahnya iman. Selain masalah iman latar belakang penyebabnya berbagai macam dan menghadapi hal demikian sempit pemikiran, sempit dada dan sempit hati. Bahkan 'mungkin' beranggapan mati adalah kesudahan dari semua masalah. Masalah di dunia pasti usai tetapi ancaman azab kubur dan neraka menanti lebih dahsyat.

Sebesar-besarnya salah dan dosa yang diperbuat selagi masih hidup masih ada kesempatan bertobat atau merubah keadaan mengapa bukan yang demikian yang jadi pilihan. Mengapa selalu bunuh diri yang jadi alternatif. Ini semua adalah PR bagi kita semua. Baik bagi pribadi, masyarakat, pemerintah dan tokoh agama. Sebab sabda rasul orang yang mati bunuh diri adalah,

من قتلَ نفسَهُ بحديدةٍ فحديدتُهُ في يدهِ يتوجَّأُ بها في بطنِهِ في نارِ جهنَّمَ خالدًا مُخلَّدًا فيها أبدًا ومن قتَلَ نفسَهُ بسَمٍّ فسَمُّهُ في يدهِ يتحسَّاهُ في نارِ جهنَّمَ خالدًا مُخلَّدًا فيها أبدًا من تردَّى من جبلٍ فقتلَ نفسَهُ فَهوَ يتردَّى في نارِ جَهنَّمَ خالدًا مخلَّدًا فيها أبدًا

“Barangsiapa yang membunuh dirinya dengan besi, maka besi itu kelak akan berada di tangannya dan akan dia gunakan untuk menikam perutnya sendiri di dalam neraka Jahannam, kekal di sana selama-lamanya. Barangsiapa bunuh diri dengan minum racun, maka kelak ia akan meminumnya sedikit-demi sedikit di dalam neraka Jahannam, kekal di sana selama-lamanya. Barangsiapa yang bunuh diri dengan menjatuhkan dirinya dari atas gunung, maka dia akan dijatuhkan dari tempat yang tinggi di dalam neraka Jahannam, kekal di sana selama-selamanya” (HR. Bukhari no. 5778, Muslim no. 109).

Pagar Dewa, 15042023

Salam UJH. (Red)

 

Artikel Terkait

Artikel Terkait