rza3z0iXwfrhP0Bo61a36W2lz3i7Fxgii3ShC0NK

Cari Blog Ini

Laporkan Penyalahgunaan

Pesan Harian UJH: Haji Gelombang II (Bag 2. Kain Ihram)

 


GUDATAnews.com, Bengkulu - Kalau calon jamaah haji gelombang pertama membawa kain ihram hanya 1 set (kain bawah dan atas) tak masalah tetapi jamaah haji gelombang ke 2 rasanya butuh minimal 1,5 set atau 2 set/2 stel kain ihram. Mengapa demikian?

Sebab berangkat haji gelombang ke dua bisa jadi disarankan mengenakan kain ihram sejak dari asrama haji embarkasi antara. Artinya dari Bengkulu sudah mengenakan ihram. Bila mengambil miqatnya di yalamlam maka memasang niat dan shalat sunnah ihramnya saat dalam penerbangan Padang - Jeddah dan tidak mungkin mengenakan kain ihram di dalam pesawat karena ribet nantinya. Rasulullah Shalallaahu alaihi wasalam, sebagaimana diterang-kan dalam hadits 'Abdullah bin 'Abbas Radhiallaahu anhu , beliau berkata:

إِنَّ النَّبِيَّ ,وَقَّتَ لأهْلِ الْمَدِيْنَةِ ذَا الْحُلَيْفَةِ وَِلأَ هْلِ الشَّامِ الْجُحْفَةَ وَلأَهْلِ نَجْدٍ قَرْنَ الْمَنَازِلِ وَلأِهْلِ الْيَمَنِ يَلَمْلَمَ وَقَالَ: (( هُنَّ لَهُنَّ وَلِمَنْ أَتَى عَلَيْهِنَّ مِنْ غَيْرِأَهْلِهِنَّ مِمَّنْ أَرَادَ الْحَجَّ وَالْعُمْرَةَ وَ مَنْ كَانَ دُوْنَ ذَلِكَ فَمِنْ حَيْثُ أَنْشَأَ حَتَّى أَهْلَ مَكَّةَ مِنْ مَكَّةَ ))

"Bahwasannya Nabi Shalallaahu alaihi wasalam menentukan Dzul Hulaifah (Bir 'Ali) sebagai miqat penduduk Madinah, Juhfah sebagai miqat penduduk Syam, Qarnul Manazil sebagai miqat pen-duduk Nejd, dan Yalamlam sebagai miqat penduduk Yaman. Dan beliau bersabda: 'Tempat-tempat tersebut adalah miqat bagi penduduknya, dan bagi mereka yang datang ke sana dari penduduk (negeri lain) yang ingin melaksanakan haji dan umrah, barang siapa yang tinggal (di dalam lokasi yang letaknya lebih dekat ke Makkah dari-pada miqat-miqat itu, -Pent), maka dia ber-ihram dari tempat tinggalnya, hingga penduduk Makkah pun (berihram) dari Makkah.'"

وَعَنْ عَائِشَةَ أَنَّ النَّبِيَّ; وَقَّتَ لأ هْلِ الْعِرِاقِ ذَاتَ عِرْقٍ

"Dan dari 'Aisyah bahwasanya Nabi Shalallaahu alaihi wasalam menjadikan Dzatu 'Irqin sebagai miqat penduduk Irak."

Selain hal di atas, mengapa butuh 2 set kain ihram? Karena perjalanan yang jauh dan memakan waktu cukup lama. Bengkulu-Padang 1 Jam. Padang-Jeddah 9 sampai 10 jam. Proses imigrasi di bandara Jeddah 3-4 jam. Perjalanan Jeddah-Mekkah via bus 1,5 jam. Registrasi kamar atau pembagian kamar jamaah bisa juga mencapai 1,5 sampai 2 jam. Waktu yang demikian rentan pakaian ihram kotor atau terkena najis. Pakaian ihram tambahan tidak mesti dibeli. Minjam pada yang sudah pulang umroh pun boleh. Insha Allah besok bag 3.

Pagar Dewa, 10052023

Salam UJH. (Red)

Artikel Terkait

Artikel Terkait