rza3z0iXwfrhP0Bo61a36W2lz3i7Fxgii3ShC0NK

Cari Blog Ini

Laporkan Penyalahgunaan

Pesan Harian UJH: Haji Gelombang II (Bag 1. Persiapan)

 


GUDATAnews.com, Bengkulu - Seingat saya baru tahun ini calon jamaah haji Bengkulu berangkat dan masuk di keberangkatan gelombang ke 2. Apa perbedaannya dengan gelombang 1? Secara umum, kalau gelombang 1 calon jamaah ke Madinah dulu baru ke Mekkah sedangkan gelombang 2 ke Mekkah dulu setelah itu ke Madinah. Sedangkan rukun, wajib dan sunnah-sunnah haji dan umrohnya tetap sama.

Persiapan apa yang paling pokok? Manasik, ya manasik yang selama ini baik oleh pemerintah, swasta maupun privat manasiknya gelombang 1. Meskipun tidak jauh berbeda tapi tetap banyak hal yang belum atau kurang dipahami jamaah dengan keberangkatan gelombang 2 ini.

Perlu koordinasi dan komunikasi yang aktif dan akurat terlebih pada para jamaah yang sudah tua. Kelelahan dalam perjalanan terbang dari Padang ke Jeddah sekitar 9 jam, proses imigrasi kedatangan di Bandara King Abdul Aziz Jeddah memakan waktu tidak kurang dari 3 jam. Lalu naik bus sekitar 85 km butuh waktu 1,5 jam dan tiba di hotel bagi kamar sampai ke siap untuk tawafnya mungkin butuh waktu 2-3 jam. Maka, yang tidak sanggup tawaf dengan jalan kaki butuh kursi dorong dan itu perlu koordinasi sedini mungkin. Semoga lancar dan besok kita lanjutkan pada bag 2

Pagar Dewa, 09052023

Salam UJH. (Red)

Artikel Terkait

Artikel Terkait