rza3z0iXwfrhP0Bo61a36W2lz3i7Fxgii3ShC0NK

Cari Blog Ini

Laporkan Penyalahgunaan

Pesan Harian UJH: Haji Gelombang II (Bag 4. Ihram)

 


GUDATAnews.com, Bengkulu - Ihram adalah keadaan seseorang yang telah berniat untuk melaksanakan ibadah haji dan atau umrah. Berihram artinya mengenakan 2 lembar kain bagi calon jamaah haji laki-laki. Kain bagian bawah seperti memakai basahan. Kain bagian atas dikenakan di atas pundak. Bila tawaf maka kain hanya menutupi bahu kiri dan bila mau shalat kain ihram menutupi kedua bahu kiri dan kanan.

Bagi calon jamaah haji gelombang ke 2 mengenakan kain ihram sejak dari asrama haji Bengkulu sebab penerbangan ke Padang hanya transit ganti pesawat. Dan tidak mungkin mengenakan ihram di dalam pesawat karena sempit dan agak merepotkan. Jika mengenakan kain ihram sejak dari Bengkulu maka baju batil yang dibagikan boleh dimasukan ke koper besar sebab tidak mungkin digunakan sejak dari tanah air sampai selesai umrah.

Tentang niat dan shalat sunah ihram ada beberapa kemungkinan. Bisa dari embarkasi tentu dengan resiko mentaati larangan ketika berihram. Boleh juga di dalam pesawat pada saat sebelum melintas di atas atau berada pada garis sejajar dengan Yalamlam/Qarnul Manazil. Kemungkinan ketiga adalah di Bandar Udara King Abdul Azis Jeddah. Calon jamaah haji tidak perlu cemas sebab bersama jamaah sudah diikutsertakan pembimbing jamaah haji orang yang berpengalaman. Insha Allah lancar. Besok kita lanjutkan bag ke 5.

Pagar Dewa, 12052023

Salam UJH. (Red)

Artikel Terkait

Artikel Terkait