rza3z0iXwfrhP0Bo61a36W2lz3i7Fxgii3ShC0NK

Cari Blog Ini

Laporkan Penyalahgunaan

SMAM 4 Kota Bengkulu Diet Karbon dengan PLTS Gotong Royong (2)

 Panel Surya PLTS Gotong Royong dan Kepala SMAM 4 Kota Bengkulu, Sutanpri. (Foto: Mitradi)

GUDATAnews.com, Kota Bengkulu - Inisiatif program sekolah energi bersih ini diharapkan menjadi contoh nyata dan upaya yang dapat dilakukan sekolah dimana pun serta yayasan dalam menyelamatkan bumi.

Bumi ini akan kita wariskan kepada generasi masa depan. Jadi sebaiknya sejak dini kita bijak dan arif menjaga warisan ini sehingga tetap layak ditempati anak cucu kita.

Dengan menggunakan PLTS bersumber dari panel surya yang terpasang 2,1 kwp dan baterai 4,8 kwh, SMAM 4 Kota Bengkulu bisa menghemat 15 persen anggaran untuk pembayaran rekening listrik ke PLN.

Rencana pada masa mendatang, SMAM 4 Kota Bengkulu akan meningkatkan penggunakan PLTS untuk kebutuhan listrik di sekolah. Sehingga bisa menambah penghematan dana pembayaran rekening listrik ke PLN dan mencegah polusi udara untuk mendukung Gerakan #AyoDietKarbon.

 Laboratorium Komputer SMAM 4 Kota Bengkulu bersumber PLTS. (Foto: Mitradi)

Sekolah Pertama di Bengkulu

Sementara Ketua Kanopi Hijau Indonesia, Ali Akbar menjelaskan bahwa SMAM 4 Kota Bengkulu adalah sekolah pertama di Bengkulu yang menjadi sasaran program sekolah energi bersih tenaga surya. Sekolah ini menjadi ikon gerakan penyelamatan lingkungan.

Yayasan Kanopi Hijau Indonesia bersama SMAM 4 Kota Bengkulu menggalang donasi publik untuk pengadaan listrik bertenaga surya di sekolah sejak awal tahun 2020 dengan target dana sebesar Rp 100 juta. Dana yang dihimpun berasal dari lebih dari 400 donatur.

Menariknya, dana yang dikumpulkan untuk membeli peralatan PLTS di SMAM 4 Kota Bengkulu merupakan hasil kerja secara gotong royong yang dilakukan selama 6 bulan. Setelah menyerahkan  donasi,  para donatur akan menerima tumbler minum sebagai tanda terima kasih.

Saat ini, Yayasan Kanopi Hijau Indonesia sedang menggalang donasi secara gotong royong untuk pemasangan PLTS dan Pembangkit Listrik Tenaga Turbin Angin di sekolah lainnya dalam rangka kampanye sekolah energi bersih. Yayasan Kanopi Hijau Indonesia pun juga akan terus melaksanakan program serupa di  sekolah lainnya di wilayah Provinsi Bengkulu

Selain itu, program ini juga menjadi salah satu kampanye Kanopi Hijau Indonesia yang selama empat tahun terakhir gencar mengkampanyekan penggunaan energi listrik yang ramah lingkungan hidup. (Bersambung/ Mitradi)

Artikel Terkait

Artikel Terkait