rza3z0iXwfrhP0Bo61a36W2lz3i7Fxgii3ShC0NK

Cari Blog Ini

Laporkan Penyalahgunaan

Akal Harus Berlandaskan Al Qur’an

 

Shalat Jumat di Masjid Raya Baitul Izzah Bengkulu. (Foto: Mitradi HFA)

GUDATAnews.com, Kota Bengkulu – Akal manusia harus berlandaskan wahyu dari Allah SWT yang telah diturunkan dalam bentuk kita suci Al Qur’an.

‘’Islam mengagungkan akal manusia asalkan berpedoman kepada kitab suci Al Qur’an sehingga tidak sesat dalam penerapan kehidupan sehari-hari,’’ kata Khatib Shalat Jumat, KH. Irham Hasymi, di Masjid Raya Baitul Izzah  Bengkulu.

Khatib menjelaskan, bila akal manusia dipergunakan tanpa berlandaskan perintah dan larangan dari Allah SWT maka cenderung akan dimanfaatkan manusia sesuai dengan kepentingan dirinya sendiri.

‘’Sebagai contoh yang dilakukan Fir’aun yang mempergunakan akalnya agar bisa menguasai manusia lainnya. Bila Fir’aun menggunakan ajaran dari Allah SWT maka ia merasa terancam atas kekuasaan yang dimilikinya,’’ ujar Khatib.

Khatib mengingatkan,  pada zaman sekarang juga masih ada manusia menggunakan akal untuk mempertahankan kekuasaannya sehingga menolak menerapkan ajaran dari Allah SWT.

‘’Ajaran kapitalisme dan komunisme adalah bukti penolakan terhadap Al Qur’an. Karenanya umat Islam harus tetap bertahan pada Al Qur’an dan hadist  agar selamat di dunia dan akhirat,’’ tutupnya. (Mitradi HFA)

Artikel Terkait

Artikel Terkait