rza3z0iXwfrhP0Bo61a36W2lz3i7Fxgii3ShC0NK

Cari Blog Ini

Laporkan Penyalahgunaan

RESENSI BUKU NOVEL ANAK ‘KETIKA RAFLESIA BERBUNGA’

 


Judul Buku: Ketika Raflesia Berbunga

Penulis: Herman Suryadi

Penerbit: Adicita Karya Nusa, Yogyakarta

ISBN: 979-9246-76-8

Cetakan Pertama: 2002

Jumlah Halaman: viii+86 halaman

Harga: Rp. 27.000,00

Maka anak-anak Sekolah Dasar Sungaipadu pun bersorak gembira. Mereka teramat girang tatkala Bu Yusni memutuskan untuk mengadakan perpisahan di Tebing Liku Sembilan yang terletak di antara Kawasan Tabapenanjung dan Kepahiang. Saat di sana, anak-anak itu menyaksikan bunga raflesia yang sedang mekar. Selama ini banyak yang beranggapan bahwa bunga raflesia itu sama dengan bunga bangkai. Namun pada kenyataannya bentuk kedua bunga tersebut berbeda.

Pengalaman menakjubkan itu sangat berkesan di hati Anisa dan Anto. Dua bersaudara yang merupakan anak dari Pak Surya. Keunikan raflesia yang tidak bisa tumbuh di sembarang tempat itu, membuat mereka ingin mengenalkan kepada semua orang yang belum pernah melihatnya. Niat baik itu disampaikan oleh Anisa dan Anto kepada Pak Surya dan istri beliau. Ternyata niat Anisa dan Anto mendapatkan dukungan penuh.

Pak Surya pun mengabadikan bunga raflesia tersebut dalam bentuk patung hias. Hasil karya seni berupa patung tersebut menjadi primadona yang diburu banyak orang. Sedangkan istri Pak Surya, mewujudkan bunga raflesia melalui lukisan-lukisan batik basurek buatannya.

Keuletan dan ketajaman naluri kewirausahaan Keluarga Pak Suryo dalam membaca peluang, telah membawa mereka menuju kesuksesan. Tanpa diduga, ternyata usaha itu mendatangkan keuntungan bagi mereka. Karena banyak orang yang memesan hasil kerajinan yang dibuat.

Buku novel karya  Herman Suryadi yang merupakan sastrawan kebanggaan Bengkulu ini, berisi pesan untuk mencintai alam dan memanfaatkannya secara bijaksana. Selain itu, dalam kisah ini terkandung pesan untuk selalu berjuang dalam meraih suatu keinginan dan selalu kreatif dalam bekarya.[ ]

Penulis Resensi : YOVI GUANTARA TANJUNG

Sumber Data= Varia Litera Pustaka

Sumber Gambar=Dokumentasi Pribadi Yovi Guantara Tanjung.

Bagi para pembaca, khususnya Alumni Gudep KT KS, bisa membeli Buku Karya Herman Suryadi di rumah keluarganya Perumnas Unib Jalan Unib Permai IV C Nomor 20 Blok 6 RT 13 Kelurahan Bentiring Permai Kecamatan Muara Bangkahulu Kota Bengkulu.

Bagi para pembaca dan Alumni Gudep KT KS yang berada di luar Kota Bengkulu, bisa memesan Buku Karya Beliau dengan menghubungi nomor WA istri Beliau, Mbak Sri Mulyaningsih yakni 0821 7865 8657.

Artikel Terkait

Artikel Terkait