rza3z0iXwfrhP0Bo61a36W2lz3i7Fxgii3ShC0NK

Cari Blog Ini

Laporkan Penyalahgunaan

Belajar Cinta Alam dari Baden Powell dan Ebiet G Ade

 

Suasana menjelang matahari terbenam di Pantai Panjang Bengkulu. (Foto: Mitradi HFA)

GUDATAnews.com, Dunia - ‘Coba Tanya pada Rumput yang Bergoyang’ adalah salah satu kalimat dalam syair pada lagu karya musisi Indonesia Ebiet G Ade.

Kalimat tersebut menurut penulis bisa dikaitkan dengan alam yakni rumput yang menjadi bagian dari alam semesta ini dan juga menjadi saksi akan semua peristiwa akan kehidupan umat manusia.

Dari seorang Baden Powell atau yang bernama lengkap Robert Stephenson Baden Powell yang lahir pada 22 Februari 1867 (165 tahun silam), kiranya bisa mengingatkan kita semua untuk belajar mencintai alam.

Berkat mencintai dan banyak belajar dari alam bebas, Bapak Pandu Sedunia ini mampu meraih prestasi sebagai peringkat kedua terbaik dari ratusan pelamar saat mengikuti ujian militer di Inggris.

Semua itu juga berkat gemblengan ibunya yang selalu mengutamakan pendidikan pada semua anaknya, meski ayah Baden Powell telah meninggal dunia, saat ia berusia 3 tahun. Baden Powell merupakan anak ke 8 dari 10 bersaudara dan ayahnya seorang Profesor di Universitas Oxford Inggris.

Dari Baden Powell dan Ebiet G Ade, ada pesan kepada semua umat manusia:  ‘Cintailah alam raya ini, bila manusia ingin hidup damai’.

Jika manusia tidak lagi cinta kepada alam, berbagai peristiwa yang tak terduga akan terjadi. Bisa bencana banjir, tanah longsor, pencemaran air sungai, polusi udara, kebakaran hutan atau meningkatnya suhu bumi akibat perubahan iklim global.

Semua dikembalikan kepada manusia, mau pilih yang mana? Cinta atau tidak cinta kepada alam semesta? Yang pasti, pilihan manusia akan menentukan nasib masa depan dunia di kemudian hari.

Akankah kita mewariskan kerusakan  bumi kepada generasi anak cucu kita? Semoga tidak. Adapun upaya yang bisa kita lakukan antara lain dengan tidak merusak alam, menggunakan sumber energi bersih seperti dari sinar matahari, air, serta angin. (Mitradi HFA)

Artikel Terkait

Artikel Terkait