rza3z0iXwfrhP0Bo61a36W2lz3i7Fxgii3ShC0NK

Cari Blog Ini

Laporkan Penyalahgunaan

Puasa di Bulan Ramadhan untuk Latih Kesabaran Umat Islam

 


GUDATAnews.com, Bengkulu Tengah – Khatib Salat Idul Fitri 1443 Hijriah, Samsul Bahri dalam khutbahnya mengatakan bahwa melaksanakan ibadah berpuasa di bulan suci Ramadhan bertujuan untuk melatih kesabaran umat Islam.

‘’Bulan Ramadhan adalah bulan kesabaran. Mengapa Ramadhan disebut bulan kesabaran? Sebab, ibadah utama di bulan ini adalah puasa dan puasa merupakan separuh kesabaran,’’ ujar Samsul Bahri selaku Khatib Salat Idul Fitri 1443 Hijriah di   Masjid Nurul Huda  Desa Karang Tengah Kecamatan Taba Penanjung Kabupaten Bengkulu Tengah, Senin 2 Mei 2022.

Khatib menguraikan, Allah SWT menerangkan sifat sabar dengan kisah para Nabi Ulul Azmi. Ketika mereka dihina, bahkan diancam akan dibunuh, mereka sabar menghadapinya. Adapun lima Nabi Ulul Azmi tersebut yaitu Nabi Nuh AS, Nabi Ibrahim AS, Nabi Musa AS, Nabi Isa AS, dan Nabi Muhammad SAW.

‘’Nabi Muhammad SAW bersabda, barang siapa yang menempa diri untuk sabar, maka Allah SWT akan jadikan dia penyabar. Dan tidaklah seorang diberikan suatu karunia yang lebih baik dan lebih luas daripada kesabaran. Hadist riwayat Bukhari dan Muslim,’’ tutur Khatib.

Berdasarkan data yang dihimpun Reva Khairunisa Oktarina, Pramuka Penggalang Terap dari Gugusdepan RWS berpangkalam di SMP Negeri 2 Bengkulu Tengah, yang lulus sebagai peserta Jambore Nasional 2022, Bapak Ridwan menjadi Imam Salat Idul Fitri.

Pelaksanaan Salat Idul Fitri 1443 Hijriah yang diikuti 150 sampai dengan 200 jamaah berjalan lancar dalam suasana cuaca cerah berawan.(Red/ Adi)

Artikel Terkait

Artikel Terkait