rza3z0iXwfrhP0Bo61a36W2lz3i7Fxgii3ShC0NK

Cari Blog Ini

Laporkan Penyalahgunaan

Pesan Harian UJH: Rumah Tangga Bahagia (Bag. 1 Memahami Sakinah)

 


GUDATAnews.com, Bengkulu - Melihat orang lain berumah tangga laksana melihat gunung dari jauh. Terlihat indah membiru. Memancing inspirasi untuk bagaimana bisa sampai ke gunung. Ternyata setelah sampai ke kaki gunung. Sungguh luar biasa. Hutan rindang yang lebat dan menyeramkan. Jurang dan tebing yang menjulang penuh tantangan. Demikianlah perumpamaan dalam berumah tangga.

Semua orang berharap rumah tangga yang dibangun sejak awal sampai akhirat selalu dalam lindungan Allah serta selalu sakinah, mawadah, dan warahmah. Dan menjadi keluarga yang bahagia. Bagaimana caranya? Caranya pahami apa itu sakinah mawadah warahmah.

Sakinah berasal dari bahasa Arab yang dapat diartikan ke dalam bahasa Indonesia dengan ketenangan, ketenteraman, aman, dan juga damai. Bagaimana caranya? Bangun rumah tangga dengan konsep sederhana sejak dari awal. Islam mengajarkan agar senantiasa melibatkan Allah dalam segala hal. Jangan terlalu memaksakan diri dalam segala sesuatu. Buat yang sederhana menjadi sesuatu yang menyenangkan. Seperti berusaha untuk makan bersama meskipun cuma sekali dalam sehari. Shalat berjamaah di masjid atau di rumah jika tidak memungkinkan untuk ke masjid. Membangun komunikasi yang terbuka. Sehingga apapun beban akan dirasakan dan di tanggung bersama. Konsep ini barangkali terlalu sederhana tetapi praktiknya belum tentu semudah teori. Insha Allah akan selalu bahagia dan penuh ketenangan.

Pagar Dewa, 02092022

Salam UJH. (Red)

 

Artikel Terkait

Artikel Terkait