rza3z0iXwfrhP0Bo61a36W2lz3i7Fxgii3ShC0NK

Cari Blog Ini

Laporkan Penyalahgunaan

Pancasila Tak Terpisahkan dari Semua Kegiatan Pramuka

 


GUDATAnews.com, Jawa Barat -  Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Kak Komjen Pol (Purn) Drs. Budi Waseso menyatakan bahwa Pancasila sebagai dasar negara  menjadi bagian tak terpisahkan dari semua kegiatan kepramukaan.

“Mari kita wujudkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan kita sehari-hari,” kata Ketua Kwarnas dalam sambutan yang dibacakan Wakil Ketua Kwarnas/Ketua Komisi Pembinaan Anggota Dewasa (Binawasa), Dr. Joko Murshito pada acara pembukaan Pertemuan Nasional Pramuka Berkebutuhan Khusus Tahun 2022 (PNPBK 2022) di Royal Safari Garden, Jalan Raya Puncak, Gadok, Cisarua, Bogor, Jawa Barat, Rabu (26/10/2022)

Untuk itu, Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka mengajak kepada seluruh anggota Gerakan Pramuka khususnya peserta dan seluruh panitia pelaksana PNPBK 2022 ini untuk selalu bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai ajaran agama masing-masing, berperilaku yang mencerminkan kemanusiaan yang adil dan beradab, selalu menjaga Persatuan Indonesia, dengan menjalankan kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan, serta berusaha membantu terwujudnya keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Menurut Kak Budi Waseso, kegiatan PNPBK ini merupakan bagian dari pembelajaran kepramukaan yang tercantum pada Peraturan Menteri No.063 Tahun 2014 tentang Ekstrakurikuler Wajib Pendidikan Kepramukaan (EWPK).

‘’Ini sesuai dengan arah Kurikulum Merdeka di mana peserta didik diharapkan mampu mendalami konsep dan menguatkan kompetensinya, maka pembelajaran kepramukaan adalah sebuah upaya keleluasaan untuk mengembangkan kebutuhan belajar dan minat peserta didik sebagai penguatan pencapaian profil pelajar Pancasila,’’ terang Ketua Kwarnas.



Lebih lanjut Ketua Kwartir Nasional  mengatakan bahwa tema  PNPBK 2022  “Pramuka Berkebutuhan Khusus Indonesia yang mandiri dan KUAT (Karakter, Unggul, Andal, dan Tangguh)” itu mengajak seluruh peserta untuk berusaha memanfaatkan pertemuan ini dalam rangka menambah ilmu pengetahuan dan wawasan seluruh peserta, agar dapat mandiri, mempunyai karakter yang baik, menjadi manusia unggul, andal, dan tangguh.

‘’Pramuka Berkebutuhan Khusus (PBK) harus siap sedia menghadapi tantangan, untuk maju bersama menatap masa depan yang lebih baik. Saya meyakini bahwa Pramuka berkebutuhan khusus sebenarnya sama dengan teman-teman lainnya. Adik-adik harus terus optimis, masa depan cerah menanti adik-adik, teruslah aktif mengikuti pendidikan kepramukaan sebagai bekal untuk menjadi manusia-manusia Pancasila yang berkarakter baik, mandiri, unggul, andal, dan tangguh,’’ papar Kak Budi Waseso.

Kak Budi Waseso merasa gembira menyaksikan semangat para peserta bersama para Pembina dan semua yang terlibat dalam kegiatan ini. Semangat adik-adik menunjukkan semangat sesungguhnya Pramuka sejati yang pantang putus asa dan dan selalu riang gembira.

‘’Meskipun saat ini kita masih dalam suasana pandemi Covid-19. tetapi hal itu tidak menyurutkan semangat adik-adik untuk terus aktif dalam kegiatan kepramukaan, tapi tetap saya harapkan agar kita semua mematuhi protokol kesehatan biar kegiatan berlangsung aman, nyaman dan berjalan baik,’’ pesannya.

Pada kesempatan itu, Ketua Kwarnas mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran Kemendikbudristek, terutama dari Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Menengah, serta dari Direktorat Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus, Kemendikbudristek, yang telah bekerja sama dengan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka menyelenggarakan ini. (Saiko Damai/Kwarnas)

 

Artikel Terkait

Artikel Terkait