rza3z0iXwfrhP0Bo61a36W2lz3i7Fxgii3ShC0NK

Cari Blog Ini

Laporkan Penyalahgunaan

Pesan Harian UJH: Back to Nature

 

Foto: Mitradi HFA

GUDATAnews.com, Bengkulu - Keren judul kita hari ini. Saya sendiri kurang paham benar atau salah dalam penulisannya tapi yang ingin saya sampaikan dalam judul ini adalah kembali ke alam.

Masih terkait dengan kematian balita akibat gagal ginjal akut. Tentu ini bukan sim salabim. Diminum lalu ginjal langsung rusak tetapi barangkali berlangsung sudah sekian lama dan mungkin berkali-kali. Bayangkan jika sedari lahir bayi sudah dikenalkan dengan berbagai macam obat dan syrop yang kadang hanya untuk penyakit ringan seperti flu.

 


Dahulu bayi flu atau demam cukup dimandikan dengan dedaunan sekitar perumahan baik yang tumbuh liar atau sengaja ditanam semisal daun Sirih, daun Capo (sembung). Bila sariawan bisa diolesi dengan manis madu atau bunga Belimbing Wuluh atau Belimbing Besi. Kalau mencret cukup dengan meminum perasan parutan kunyit atau sawo mentah. Semua tersedia, mudah didapat dan gampang dibuat. Cuma mungkin sudah gengsi memakai yang demikian dan lebih terlihat elite kalau setiap bulan berkunjung ke dokter. Wallahu a'lam.

Pagar Dewa, 27102022

Salam UJH. (Red)

Artikel Terkait

Artikel Terkait