rza3z0iXwfrhP0Bo61a36W2lz3i7Fxgii3ShC0NK

Cari Blog Ini

Laporkan Penyalahgunaan

Pesan Harian UJH: Ada Apa Ya...?

 


GUDATAnews.com, Bengkulu - Dahulu kalau kita memelihara berbagai jenis hewan yang paling sering sakit dan merugikan peternak adalah ayam. Kita kenal nama penyakitnnya Kuyang (Rejang) Paju Grindin (Serawai) dalam istilah penyakit pada ayam ini disebut Tetelo atau ND (New Castle Disease/Tetelo).

Kini peternak banyak menangis karena sapi atau kerbau yang mereka pelihara juga di beberapa tempat mati mendadak. Bukan cuma anaknya tetapi juga pada indukan. Betapa tidak menangis melihat bangkai induk sapi yang terkapar mati tanpa sebab, sementara bila dijual tidak kurang dari 10 - 15 juta rupiah. Ini juga sedang dialami peternak sapi di desa-desa saat ini.

 


Demikian juga terhadap tanaman. Dahulu jika ada tulisan Duku Rupit maka tidak perlu dicicip atau dicoba karena pasti manis. Kini Duku Rupit tinggal tulisan sebab batang-batang duku di Rupit beberapa tahun lalu gugur daunnya lalu tiba-tiba mati dan itu merata. Demikian juga durian. Dalam ribuan biji ada yang dingin alias tanpa rasa itu normal tetapi musim durian yang baru lalu tidak sedikit durian yang dingin atau tanpa rasa dan itu banyak bahkan ada beberapa batang yang buahnya tidak manis dan tanpa rasa sama sekali. Ada Apa Ya....? Cuma itu yang bisa kita ungkapkan.

Pagar Dewa, 26102022

Salam UJH. (Red)

Artikel Terkait

Artikel Terkait