rza3z0iXwfrhP0Bo61a36W2lz3i7Fxgii3ShC0NK

Cari Blog Ini

Laporkan Penyalahgunaan

Pesan Harian UJH: Lapar

 

Berbagai menu makanan. (Foto: Mitradi HFA)

GUDATAnews.com, Bengkulu - Ada kesalahpahaman tentang sebuah teori hidup sehat. Yakni tidak makan kecuali sudah lapar dan berhenti sebelum kenyang. Al-Imam As-Suyuthi, dalam mengisahkan cerita tentang nasihat dokter dari Sudan ini, sama sekali tidak menyebutkan bahwa lafadz ini datang dari Rasulullah SAW atau sebagai hadits. Sehingga tak elok dan tentu salah jika asal sebut hadits.

 


Konsep di atas disamping sebagai bentuk keseimbangan tubuh juga agar kita selalu sehat. Sebab lapar tidak enak, kekenyangan juga tidak bagus. Namun bila makan atau minum jangan pernah menggunakan tangan kiri.

عن جابر رضي الله عنه قَالَ: قَالَ رسولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم: لا تَأكُلُوا بِالشِّمَالِ، فَإنَّ الشَّيْطَانَ يَأكُلُ بِالشِّمَالِ. (رواه مسلم)

Dari Jabir RA ia berkata Rasulullah shallahu a’laihi wassalam bersabda: Janganlah kalian makan dengan tangan kiri karena sesungguhnya setan makan dengan tangan kiri. (HR Muslim).

Namun ada lapar yang bagus buat siapa pun, yakni lapar dan tidak pernah kenyang dengan  ilmu. Dan lapar tidak patut ditiru adalah lapar atau tidak pernah kenyang dengan dunia.

Pagar Dewa, 04122022

Salam UJH. (Red)

Artikel Terkait

Artikel Terkait