rza3z0iXwfrhP0Bo61a36W2lz3i7Fxgii3ShC0NK

Cari Blog Ini

Laporkan Penyalahgunaan

Pesan Harian UJH: Sempatkan ke Masjid Sebelum Jadi Mayit

 

Masjid Taqwa Kota Bengkulu. (Foto: Mitradi HFA)

GUDATAnews.com, Bengkulu - Berdasarkan data dari Kemenag Kota Bengkulu total jumlah masjid di Kota Bengkulu per 21 Desember 2022 sebanyak 460 unit dan mushala sebanyak 46 unit. Luas Kota Bengkulu 151,7 kilometer bujursangkar dengan 460 unit masjid maka jarak rata-rata antar masjid adalah 329,7 meter. Begitu dekat tetapi masjid masih sepi. Mengapa? Karena jarak kita dengan masjid tidak diukur dengan kaki, tetapi dengan hati.

Masjid bukan hanya sebuah bangunan saja, namun memiliki peran penting untuk membangun karakter serta identitas kebudayaan umat muslim. Fungsi masjid yang paling utama ialah sebagai tempat bersujud atau beribadah kepada Allah.

 


Bagaimana cara masyarakat membangun masjid saat ini sungguh luar biasa. Dengan infak masing-masing diri saja sudah berdiri masjid-masjid megah dengan fasilitas yang nyaman dan sound sistem yang lantang. Bahkan sejumlah masjid menyediakan fasilitas air putih plus teh kopi bagi jama'ah yang mau menikmatinya. Tapi itu pun belum mampu menarik jama'ah agar rajin ke masjid apalagi para remajanya. Setiap shalat lima waktu anak remaja putra dan putri masih bisa dihitung dengan jari. Diriwayatkan dari Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Beliau bersabda,

مَنْ سَمِعَ النِّدَاءَ فَلَمْ يَأْتِهِ فَلَا صَلَاةَ لَهُ إِلَّا مِنْ عُذْرٍ

“Siapa yang mendengar panggilan azan lalu tidak mendatanginya (datang ke masjid untuk shalat berjamaah) maka tidak ada shalat baginya kecuali jika ada halangan.” Hadis ini diriwayatkan oleh Ibnu Majah.

Pagar Dewa, 21122022

Salam UJH. (Red)

Artikel Terkait

Artikel Terkait