rza3z0iXwfrhP0Bo61a36W2lz3i7Fxgii3ShC0NK

Cari Blog Ini

Laporkan Penyalahgunaan

Pesan Harian UJH: Perjalanan Umroh Januari 2023 Hari ke 5 (City Tour Out)

 


GUDATAnews.com, Madinah - Banyak tempat-tempat bersejarah di Madinah semasa nabi masih hidup dan berjuang di tanah yang mulia ini. Menapak tilas itu semua maka semua jama'ah diajak city tour keluar kota Madinah.

Di antara tempat-tempat yang dikunjungi jama'ah turun dari mobil untuk melaksanakan beberapa kegiatan. Di Quba, masjid yang pertama kali dibangun Rasulullah. Di masjid Quba ini jama'ah umroh shalat minimal 4 raka'at. 2 raka'at shalat tahiyatul masjid dan 2 raka'at shalat Dhuha atau lebih tergantung situasi.

مَنْ تَطَهَّرَ فِى بَيْتِهِ ثُمَّ أَتَى مَسْجِدَ قُبَاءٍ فَصَلَّى فِيهِ صَلاَةً كَانَ لَهُ كَأَجْرِ عُمْرَةٍ

“Siapa yang bersuci di rumahnya, lalu ia mendatangi masjid Quba’, lantas ia melaksanakan shalat di dalamnya, maka pahalanya seperti pahala Umrah.” (HR. Ibnu Majah, Nasai)

 

Lalu ke Jabal Uhud satu bukit yang menjadi saksi sejarah peperangan dan dalam peperangan tersebut ummat Islam kalah hingga terbunuhnya paman Baginda Rasulullah yaitu Saidina Hamzah. Di tempat ini jama'ah diceritakan sejarah Uhud dan berdoa di makam Sahid Uhud.

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ الرَّحِيمِ أَخْبَرَنَا زَكَرِيَّاءُ بْنُ عَدِيٍّ أَخْبَرَنَا ابْنُ الْمُبَارَكِ عَنْ حَيْوَةَ عَنْ يَزِيدَ بْنِ أَبِي حَبِيبٍ عَنْ أَبِي الْخَيْرِ عَنْ عُقْبَةَ بْنِ عَامِرٍ قَالَ صَلَّى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَى قَتْلَى أُحُدٍ بَعْدَ ثَمَانِي سِنِينَ كَالْمُوَدِّعِ لِلْأَحْيَاءِ وَالْأَمْوَاتِ ثُمَّ طَلَعَ الْمِنْبَرَ فَقَالَ إِنِّي بَيْنَ أَيْدِيكُمْ فَرَطٌ وَأَنَا عَلَيْكُمْ شَهِيدٌ وَإِنَّ مَوْعِدَكُمْ الْحَوْضُ وَإِنِّي لَأَنْظُرُ إِلَيْهِ مِنْ مَقَامِي هَذَا وَإِنِّي لَسْتُ أَخْشَى عَلَيْكُمْ أَنْ تُشْرِكُوا وَلَكِنِّي أَخْشَى عَلَيْكُمْ الدُّنْيَا أَنْ تَنَافَسُوهَا قَالَ فَكَانَتْ آخِرَ نَظْرَةٍ نَظَرْتُهَا إِلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Abdurrahim telah mengabarkan kepada kami Zakariya bin 'Adi telah mengabarkan kepada kami Ibnu Al Mubarrak dari Haiwah dari Yazid bin Abu Habib dari Abu Al Khair dari 'Uqbah bin 'Amir dia berkata, "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam menshalati para korban Uhud setelah delapan tahun, seolah-olah seperti perpisahan antara orang yang hidup dengan orang yang telah mati. Kemudian beliau naik mimbar seraya bersabda: "Sesungguhnya aku mendahului kalian, dan aku adalah saksi atas kalian. Sungguh, yang dijanjikan bagi kalian adalah telaga, dan aku benar-benar telah melihatnya di tempatku ini. Aku tidak lebih khawatir terhadap syirik yang kalian perbuat, akan tetapi aku sangat khawatir terhadap dunia yang akan kalian perebutkan." 'Uqbah

Perjalanan berakhir di kebun kurma. Jama'ah di ajak ke suatu tempat yang menyajikan kurma dalam bentuk asli dan kurma olahan yang sudah berwujud kue, coklat, permen dan entah apalagi macamnya. Jama'ah dipersilahkan mencicipi sepuasnya dan berbelanja sepuasnya.

Madinah, 22012023

Salam UJH. (Red)

 

Artikel Terkait

Artikel Terkait