rza3z0iXwfrhP0Bo61a36W2lz3i7Fxgii3ShC0NK

Cari Blog Ini

Laporkan Penyalahgunaan

Pesan Harian UJH: Perjalanan Umroh Januari 2023 Hari ke 12 (Berharap Umroh Mabrurah)

 


GUDATAnews.com, Mekkah - Usai sudah perjalanan umroh di Januari 2023 ini. Sebagai perpisahan dengan Baitullah dilaksanakan tawaf Wada yakni tawaf perpisahan. Selanjutnya membereskan koper untuk keberangkatan ke Jeddah menuju ke tanah air. Perintah adanya thawaf wada’ berdasarkan keterangan Ibnu Abbas ra

أُمِرَ النَّاسُ أَنْ يَكُونَ آخِرُ عَهْدِهِمْ بِالْبَيْتِ ، إِلاَّ أَنَّهُ خُفِّفَ عَنِ الْحَائِضِ

“Manusia diperintahkan menjadikan akhir amalannya di Mekah adalah di Baitullah (dengan thowaf wada’). Hanya saja, ada keringanan bagi wanita haid.” (HR. Bukhari 1755 dan Muslim 1328).

Rukun, wajib dan larangan umroh insha Allah semua sudah ditaati. Kini berharap akan hasil umroh yang mabrur dan mabrurah. Mabrur artinya diterima. Diterima semua amal ibadah yang dikerjakan. Dikabulkan segala doa yang dipanjatkan serta diampuni segala dosa dan kesalahan. Demikian harapan semua jama'ah. Lalu, bagaimana kita melihat kemabruran umroh seseorang?

Kita bisa lihat dari perubahan sikap dan perilaku antara sebelum dan setelah berangkat umroh. Sebab bagi masyarakat awam bisa berumroh itu hal yang luar biasa. Maka, mustahil sama saja setelah pulang umroh dengan sebelum berangkat? Dimana hasilnya? Hasilnya terlihat dari bagaimana kita mengupayakan kekuatan iman dalam beribadah. Senantiasa memakmurkan masjid. Gemar menabur kebajikan dan santun dalam bermasyarakat. Insha Allah.

Mekkah, 29012023

Salam UJH. (Red)

Artikel Terkait

Artikel Terkait