rza3z0iXwfrhP0Bo61a36W2lz3i7Fxgii3ShC0NK

Cari Blog Ini

Laporkan Penyalahgunaan

Pesan Harian UJH: Benarkah Ada Penculikan

 

Anak-anak bermain. (Foto: Mitradi HFA)

GUDATAnews.com, Bengkulu - Sedang viral saat ini informasi tentang penculikan. Yang diintai anak usia PAUD dan SD. Berbagai foto dan informasi mengenai berita tentang penculikan masih simpang siur karena bila dicroschek dengan mabes POLRI beberapa kejadian oleh mabes POLRI itu dinyatakan HOAKS.

Untuk apa penculikan anak? Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA), Arist Merdeka Sirait, mengatakan, setidaknya ada empat tujuan kuat mengapa pelaku melakukan penculikan. Pertama, penculikan yang bertujuan untuk praktik adopsi illegal. Kedua, latar belakang untuk tebusan. Ketiga, eksploitasi ekonomi dan keempat, penculikan anak yang nanti dipekerjakan sebagai pekerja seks komersial (PSK) anak. Tidak hanya itu, ''Dan ini, belum ada data pasti, yaitu penculikan anak untuk penjualan organ tubuh,'' tutur Arist kepada ROL.

 


Sebagai masyarakat awam,  kita hanya bisa waspada. Ingatkan kepada anak cucu yang sekolah jangan asal ambil atau ikut orang yang belum dikenal atau sudah dikenal tetapi tidak begitu akrab. Demi menghindari kejadian yang tidak diinginkan. Selain itu, jika tidak bisa mengantarkan jemput anak gunakan jasa ojol yang sudah dikenal. Semoga keluarga kita semua tetap dilindungi Allah.

Pagar Dewa, 31012023

Salam UJH. (Red)

Artikel Terkait

Artikel Terkait