rza3z0iXwfrhP0Bo61a36W2lz3i7Fxgii3ShC0NK

Cari Blog Ini

Laporkan Penyalahgunaan

Pesan Harian UJH: Jangan Asal Gebuk

 


GUDATAnews.com, Bengkulu - Akibat isyu culik, siapa saja orang yang berkelakuan rada aneh jadi sasaran. Meskipun yang berlaku aneh tersebut tidak tau menahu tentang culik. Ini yang terjadi di salah satu desa. Ada orang dengan gangguan kejiwaan dari provinsi lain berkeliaran dan agak mencurigakan lalu dikira penculik akhirnya dihajar massa. Setelah babak belur baru diketahui yang bersangkutan ternyata bukan penculik tetapi orang yang terganggu kejiwaannya.

Sebagai masyarakat yang sudah mengenyam dunia pendidikan walaupun sebatas tamat Sekolah Dasar setidaknya kita punya logika yang sehat serta mampu mempelajari gerak-gerik orang yang mau menculik balita dengan orang yang terkena gangguan jiwa. Andaikata betul-betul penculik pun tidak layak dipukul hingga babak belur. Sebab ada instansi resmi yang dibentuk dan dibiayai oleh pemerintah untuk menangani orang-orang yang terlibat berbagai macam kejahatan.

Hati-hati terhadap siapapun perlu. Waspada penting tetapi mawas diri dan kontrol emosi juga sangat diperlukan. Sehingga tidak main hakim sendiri. Simpang siur berita tentang penculikan tentu sudah sampai laporan atau berita kepada aparat kepolisian. Mereka dibentuk bukan saja untuk menindak pelaku kejahatan tetapi juga mencegah terjadinya sekecil apapun kejahatan. Ajari anak-anak berangkat dan pulang sekolah bersama-sama dan jangan sendirian. Ini semua adalah bagian usaha kita mencegah terjadinya hal-hal yang tidak di inginkan. Rasulullah bersabda

عَنْ سَهْلِ بْنِ سَعْدٍ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: الْعَجَلَةُ مِنَ الشَّيْطَانِ

Dari sahabat Sahl bin Sa’ad radhiyallahu ‘anhuma, Rasulullah  bersabda, “Sesungguhnya sikap tergesa-gesa itu dari syaithan.”

Pagar Dewa, 01022023

Salam UJH. (Red)

Artikel Terkait

Artikel Terkait