rza3z0iXwfrhP0Bo61a36W2lz3i7Fxgii3ShC0NK

Cari Blog Ini

Laporkan Penyalahgunaan

Pesan Harian UJH: Kiat agar Tidak Mengeluh


 Bertani. (Foto: Mitradi HFA)

GUDATAnews.com, Bengkulu - Salah satu penyebab kelelahan pada masing-masing jiwa adalah keluh kesah. Padahal kita tau mengeluh tidak akan menyelesaikan masalah justru memperumit keadaan yang ada.

Bagaimana agar tidak mengeluh? Caranya banding keadaan kita saat ini dengan masa-masa silam yang lebih pahit dari sekarang. Ukur sudah berapa jauh kita bersandar kepada Allah ketimbang selalu mencari dan menghitung kekurangan yang ada. Jangan terpancing dengan keadaan dan berbagai postingan bahagia yang dimiliki oleh orang lain.



Selain itu coba cari sela untuk senantiasa aktif beraktivitas, bekerja dan silaturahmi. Manfaatkan potensi yang ada walau halaman rumah hanya setelapak tangan. Isi waktu-waktu luang dengan kegiatan bermanfaat. Cari kesibukan dengan belajar bagaimana cara berbagai hal. Kurangi rasa minder dan gengsi dalam memenuhi kebutuhan hidup. Ingat Allah sudah menjamin rezeki bagi setiap makhluk-Nya dan menata masalah dengan semua jalan keluarnya. Surat Hud 6

وَمَا مِنْ دَاۤبَّةٍ فِى الْاَرْضِ اِلَّا عَلَى اللّٰهِ رِزْقُهَا وَيَعْلَمُ مُسْتَقَرَّهَا وَمُسْتَوْدَعَهَا ۗ كُلٌّ فِيْ كِتٰبٍ مُّبِيْنٍ

Dan tidak satupun makhluk bergerak (bernyawa) di bumi melainkan semuanya dijamin Allah rezekinya. Dia mengetahui tempat kediamannya dan tempat penyimpanannya. Semua (tertulis) dalam Kitab yang nyata (Lauh Mahfuzh).

Pagar Dewa, 06022023

Salam UJH. (Red)

Artikel Terkait

Artikel Terkait