rza3z0iXwfrhP0Bo61a36W2lz3i7Fxgii3ShC0NK

Cari Blog Ini

Laporkan Penyalahgunaan

Pesan Harian UJH: Mimpi

 

Foto: Mitradi HFA

GUDATAnews.com, Bengkulu - Ada orang bilang mimpi adalah bunga tidur. Kadang dalam satu malam kita mimpi berbagai macam. Dan tidak tertutup kemungkinan mimpi yang seram dan menakutkan. Kondisi tubuh ternyata memang mempengaruhi cara kerja otak kita, termasuk bagian otak yang berfungsi untuk mengatur mimpi.

Mengapa kita mimpi bermacam-macam dalam satu saat tidur? Jika sedang mengalami flu dan demam, kondisinya jadi sedikit berubah. Suhu tubuh yang tinggi akan mempengaruhi kemampuan tubuh untuk mengatur suhu tubuh dan hal tersebut secara langsung mempengaruhi mimpi dan atau membuat seseorang sulit tidur. Demikian kata psikolog klinis Michael Breus.



Lalu, apa mimpi dalam pandangan Islam? Ibnul Qayyim, pernah mengatakan tentang hakikat mimpi: "Mimpi merupakan permisalan yang dibuat malaikat yang ditugaskan Allah untuk mengurusi persoalan mimpi agar orang yang bermimpi dapat mengambil petunjuk dari permisalan yang telah digambarkan baginya dan mengungkap apa yang samar baginya.

Menurut saya, baik atau buruknya mimpi jangan ditafsirkan macam-macam. Di dalam hadis disebutkan,

إِذَا رَأَى أَحَدُكُمُ الرُّؤْيَا يَكْرَهُهَا، فَلْيَبْصُقْ عَنْ يَسَارِهِ ثَلَاثًا وَلْيَسْتَعِذْ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ ثَلَاثًا، وَلْيَتَحَوَّلْ عَنْ جَنْبِهِ الَّذِي كَانَ عَلَيْهِ

“Ketika kalian melihat mimpi yang tidak kalian suka, maka meludahlah dari arah kiri kalian tiga kali dan memohonlah perlindungan kepada Allah dari setan tiga kali, dan hendaklah kalian berpindah dari posisi tidur yang semula ia lakukan.” (HR. Muslim)

Pagar Dewa, 07022023

Salam UJH. (Red)

Artikel Terkait

Artikel Terkait