rza3z0iXwfrhP0Bo61a36W2lz3i7Fxgii3ShC0NK

Cari Blog Ini

Laporkan Penyalahgunaan

Pesan Harian UJH: Mencela Orang di Grup WhatsApp

 

Foto: Mitradi HFA

GUDATAnews.com, Bengkulu - Allah SWT berfirman dalam QS. al-Hujurat ayat 11 yang artinya:

"Hai orang-orang yang beriman, janganlah sekumpulan orang laki-laki merendahkan kumpulan yang lain, boleh jadi yang ditertawakan itu lebih baik dari mereka. Dan jangan pula sekumpulan perempuan merendahkan kumpulan lainnya, boleh jadi yang direndahkan itu lebih baik. Dan janganlah suka mencela dirimu sendiri dan jangan memanggil dengan gelaran yang mengandung ejekan. Seburuk-buruk panggilan adalah (panggilan) yang buruk sesudah iman dan barang siapa yang tidak bertobat, maka mereka itulah orang-orang yang zalim."

Salah satu tujuan ber sosial media adalah menjalin hubungan antara sesama baik keluarga, teman sekolah, sahabat setia atau rekan kerja. Selain memperoleh informasi terkait dengan keberadaan kita dalam grup tujuan ikut grup juga agar silaturahim tetap tersambung.

 


Dengan latar belakang pendidikan, lingkungan dan pengalaman yang berbeda selayaknya kita harus bijak dalam bersosial media. Tidak layak kita menjudge orang dalam grup dan menilai orang semaunya kita. Dosa besar hukumnya. Hadits Rasulullah

عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ مَسْعُودٍ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: سِبَابُ المٌسْلِمِ فُسُوقٌ، وَقِتَالُهُ كُفْر

"Mencela seorang muslim adalah kefasikan (dosa besar), dan memerangi mereka adalah kekafiran." (HR Bukhari no. 48 dan Muslim no. 64)

Pagar Dewa, 26022023

Salam UJH. (Red)

Artikel Terkait

Artikel Terkait