rza3z0iXwfrhP0Bo61a36W2lz3i7Fxgii3ShC0NK

Cari Blog Ini

Laporkan Penyalahgunaan

Pesan Harian UJH: Semoga Peringatan Isra Mi'raj Tahun Ini Membekas

 


GUDATAnews.com, Bengkulu - Hampir semua masjid mengadakan peringatan Isra Mi'raj. Isra Mi'raj suatu peristiwa besar yang alami oleh Baginda Rasulullah.

Berbagai materi ceramah yang disajikan oleh pemateri tetapi umumnya bermuara pada shalat. Dan salah satu unsur yang ditekan dalam pelaksanaan shalat adalah shalat berjamaah dilakukan di masjid. Sebab keberadaan masjid yang semakin banyak tetapi semakin sepi jama'ah. Bahkan masjid yang di kampung-kampung hanya buka seminggu sekali yakni saat pelaksanaan shalat Jum'at. Buka jam 10.00 tutup jam 13.30 dan buka lagi Jumat depan.

 


Apakah di kampung-kampung tidak ada shalat jamaah? Jawabnya ada, saat jika warga kampung ada yang meninggal. Banyak kita lihat muka-muka baru saat shalat berjamaah di rumah orang yang meninggal. Jumatan tidak pernah terlihat tetapi shalat Maghrib di rumah orang yang meninggal selalu hadir selama 7 malam. Usai 7 jama'ah bubar dan kembali shalat berjamaah bila ada lagi yang meninggal. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

صَلُّوا أَيُّهَا النَّاسُ فِي بُيُوتِكُمْ ، فَإنَّ أَفْضَلَ الصَّلاَةِ صَلاَةُ المَرْءِ في بَيْتِهِ إِلاَّ المَكْتُوبَةَ

“Shalatlah kalian, wahai manusia, di rumah-rumah kalian, karena sebaik-baiknya shalat adalah shalat seseorang di rumahnya, kecuali shalat wajib.” (Muttafaqun ‘alaih, HR. Bukhari, no. 731 dan Muslim, no. 781).

Pagar Dewa, 20022023

Salam UJH. (Red)

Artikel Terkait

Artikel Terkait