rza3z0iXwfrhP0Bo61a36W2lz3i7Fxgii3ShC0NK

Cari Blog Ini

Laporkan Penyalahgunaan

Pesan Harian UJH: Bayar Hutang Puasa

 

Buka puasa bersama. (Foto: Mitradi HFA)

GUDATAnews.com, Bengkulu - Kepastian kapan dimulainya puasa Ramadhan 1444 H tentu menunggu pengumuman resmi dari pemerintah tetapi dalam perkiraan sekitar tanggal 22 atau 23 Maret 2023, artinya menyisakan sekitar 20 hari lagi ke depan.

Apa persiapan menghadapi Ramadhan? Disamping menjaga kesehatan agar tetap sehat sehingga puasa menjadi kuat dan lancar juga perlu mengevaluasi puasa kita setahun yang lalu. Apakah sudah sempurna dalam arti penuh sebulan atau masih ada hutang puasa lantaran sebab-sebab tertentu sesuai dengan syariah. Maka, poin penting untuk dilaksanakan saat ini adalah membayar hutang puasa, sesuai dengan jumlah hari yang kita tinggalkan. Surat Al Baqarah ayat 184: 

اَيَّامًا مَّعْدُوْدٰتٍۗ فَمَنْ كَانَ مِنْكُمْ مَّرِيْضًا اَوْ عَلٰى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ اَيَّامٍ اُخَرَ ۗوَعَلَى الَّذِيْنَ يُطِيْقُوْنَهٗ فِدْيَةٌ طَعَامُ مِسْكِيْنٍۗ فَمَنْ تَطَوَّعَ خَيْرًا فَهُوَ خَيْرٌ لَّهٗ ۗوَاَنْ تَصُوْمُوْا خَيْرٌ لَّكُمْ اِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُوْنَ

“(Yaitu) beberapa hari tertentu. Maka barang siapa di antara kamu sakit atau dalam perjalanan (lalu tidak berpuasa), maka (wajib mengganti) sebanyak hari (yang dia tidak berpuasa itu) pada hari-hari yang lain. Dan bagi orang yang berat menjalankannya, wajib membayar fidyah, yaitu memberi makan seorang miskin. Tetapi barangsiapa dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itu lebih baik baginya, dan puasamu itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.”

Selain hal di atas ada baiknya juga kita membaca kembali tuntunan puasa, sah batal, hal-hal yang merusak pahala puasa, amalan selama berpuasa, agar puasa yang kita laksanakan semakin baik.

Pagar Dewa, 03032023

Salam UJH. (Red)

Artikel Terkait

Artikel Terkait