rza3z0iXwfrhP0Bo61a36W2lz3i7Fxgii3ShC0NK

Cari Blog Ini

Laporkan Penyalahgunaan

Pesan Harian UJH: Mercon dan Ramadhan

 

Bulan Ramadhan yang selalu ditunggu. (Foto: Mitradi HFA)

GUDATAnews.com, Bengkulu - Letupan-letupan kuat bagai bunyi perang lazim kita dengar di saat pergantian tahun atau malam tahun dan sepanjang bulan Ramadhan. Asal Ramadhan tiba mercon pun menjamur. Letusan mercon saat-saat orang shalat tarawih sungguh terasa mengganggu.

Mengantisipasi masalah mercon di bulan Ramadhan ada baiknya pemerintah provinsi, kabupaten/kota, Kementrian Agama, MUI serta organisasi Islam NU dan Muhammadiyah sebaiknya duduk bersama rapat yang hasil kita ada kebijakan dalam bentuk pelarangan jual beli mercon serta main mercon saat muslim sedang shalat.


 

Resiko mercon bukan saja membuat bising dan mengganggu kenyamanan shalat tetapi lebih dari itu. Mercon juga berbahaya bagi diri sendiri maupun orang lain jika seandainya mengenai pada diri sendiri atau orang lain. Salah satu contoh di tempat kita adalah musibah yang dialami salah satu pejabat akibat mercon meletus di tangan. Bukan saja melukai tetapi 2 jari putus dan harus diamputasi. Semoga pemerintah mau peduli. Rasulullah bersabda

الْمُسْلِمُ مَنْ سَلِمَ الْمُسْلِمُونَ مِنْ لِسَانِهِ وَيَدِهِ

“Seorang muslim adalah seseorang yang lisan dan tangannya tidak mengganggu orang lain.” (HR. Bukhari Muslim)

Pagar Dewa, 17032023

Salam UJH. (Red)

Artikel Terkait

Artikel Terkait