rza3z0iXwfrhP0Bo61a36W2lz3i7Fxgii3ShC0NK

Cari Blog Ini

Laporkan Penyalahgunaan

Pesan Harian UJH: Syahrul Judd (Bulan Kemurahan)

 

Buka puasa bersama. (Foto: Mitradi HFA)

GUDATAnews.com, Bengkulu - Mungkin masih asing si telinga kita dengan sebutan bulan Ramadhan dengan nama yang satu ini. Disamping jarang disampaikan juga jarang dipublikasi bahwa salah satu nama lain dari bulan Ramadhan adalah Syahrul Judd.

Bulan Ramadhan juga dinamakan Syahrul Judd atau bulan kemurahan sebab di bulan ini Allah memberikan keutamaannya bagi orang yang berlaku murah hati untuk menolong dan membantu sesama. Dan bulan ini banyak sekali orang-orang bermurah hati khususnya pada kaun dhuafa, anak yatim dan fakir miskin. Baik berbagi rezeki maupun mengajak berbuka bersama.

 


Anas radhiyallahu’anhu menyampaikan, ditanyakan kepada Rasulullah, “Sedekah manakah yang paling utama ?” jawab Rasulullah, “Sedekah di bulan Ramadhan,” (HR. At tirmidzi). Di hadits lain Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam:

إن في الجنة غرفا يرى ظاهرها من باطنها وباطنها من ظاهرها أعدها الله لمن ألان الكلام وأطعم الطعام وتابع الصيام وصلى بالليل والناس نيام

Artinya: “Sesungguhnya di surga terdapat ruangan-ruangan yang bagian luarnya dapat dilihat dari dalam dan bagian dalamnya dapat dilihat dari luar. Allah menganugerahkannya kepada orang yang berkata baik, bersedekah makanan, berpuasa, dan shalat di kala kebanyakan manusia tidur.” (HR. At Tirmidzi  Ibnu Hibban)

Pagar Dewa, 29032023

Salam UJH. (Red)

 

Artikel Terkait

Artikel Terkait