rza3z0iXwfrhP0Bo61a36W2lz3i7Fxgii3ShC0NK

Cari Blog Ini

Laporkan Penyalahgunaan

Pesan Harian UJH: Bisa Tiap Hari Israq

 

Ibadah salat di masjid. (Foto: Mitradi HFA)

GUDATAnews.com, Bengkulu - Di beberapa masjid besar dan padat penduduk selama Ramadhan ini bulan yang betul-betul barokah. Betapa tidak sebelum Ramadhan mungkin hanya sekali dalam seminggu menggelar pengajian subuh hingga syuruq. Tetapi selama Ramadhan setiap hari selama Ramadhan digelar pengajian Subuh.

 


Dengan setiap Subuh selama Ramadhan membuat kita bisa mendulang pahala yang luar biasa bagaikan pahala haji dan umroh bagi yang usai pengajian dan masuk waktu syuruq, mereka shalat sunnat israq hanya 2 rakaat tetapi pahalanya sama dengan menunaikan haji dan umroh,  sebagaimana diriwayatkan:

مَنْ صَلَّى الْفَجْرَ فِي جَمَاعَةٍ ثُمَّ قَعَدَ يَذْكُرُ اللهَ تَعَالَى حَتَّى تَطْلُعَ الشَّمْسُ ثُمَّ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ، كَانَتْ لَهُ كَأَجْرِ حَجَّةٍ وَعُمْرَةٍ تَامَةٍ تَامَةٍ تَامَةٍ (رواه الترمذي. حسن)  

Artinya, “Siapa saja yang shalat subuh secara berjamaah, kemudian duduk dengan berdzikir kepada Allah sampai terbit matahari, kemudian shalat dua rakaat maka ia akan mendapatkan pahala sebagaimana haji dan umrah yang sempurna, sempurna, sempurna.” (HR at-Tirmidzi. Hadits Hasan)

Uniknya shalat israq karena syarat melakukan shalat subuh di masjid secara berjamaah lalu tidak pulang ke rumah sampai waktu syuruq dengan melalukan kegiatan boleh tadarusan, bisa dalam bentuk pengajian atau dzikir. Masuk waktu syuruq shalat sunnah israq 2 rakaat. Bila tiap usai subuh di masjidnya masing-masing ada pengajian maka, bisa menunaikan shalat sunnah israq setiap hari selama Ramadhan.

Pagar Dewa, 05042023

Salam UJH. (Red)

Artikel Terkait

Artikel Terkait