rza3z0iXwfrhP0Bo61a36W2lz3i7Fxgii3ShC0NK

Cari Blog Ini

Laporkan Penyalahgunaan

Pesan Harian UJH: Syahrul Jihad wal-Falaah (Bulan Jihad dan Kemenangan)

 

Foto: Mitradi 

GUDATAnews.com, Bengkulu - Sepulang dari perang Badar yang dilaksanakan pada bulan Ramadhan, tepatnya pada hari Jumat 2 Ramadhan tahun ke-2 H terjadi perang pertama dalam Islam yang dikenal Perang Badar. Badar adalah nama tempat di sebuah lembah yang terletak di antara Madinah dan Makkah. Tentara Islam mengontrol lokasi strategis dengan menguasai sumber air yang ada di daerah tersebut.

وَلَقَدْ نَصَرَكُمُ اللّٰهُ بِبَدْرٍ وَّاَنْتُمْ اَذِلَّةٌ ۚ فَاتَّقُوا اللّٰهَ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ

Dan sungguh, Allah telah menolong kamu dalam Perang Badar, padahal kamu dalam keadaan lemah. Karena itu bertakwalah kepada Allah, agar kamu mensyukuri-Nya.

 


Rasulullah menyampaikan kepada para sahabat bahwa kita akan menghadapi perang yang lebih besar lagi. Para sahabat kaget dan bertanya. Perang apa. Rasulullah menjawab perang menghadapi hawa nafsu, yakni Ramadhan.

Maka, wajar jika Ramadhan disebut juga dengan syahrul jihad wal falah. Bulan penuh kesungguhan dalam mengelola hawa nafsu sehingga apabila mampu memenangkan dan mengalahkan hawa nafsu, dia lah yang disebut al falah atau memperoleh kemenangan

Sejarah mencatat, bahwa pada bulan suci Ramadhan inilah beberapa kesuksesan dan kemenangan besar diraih ummat Islam. Ini sekaligus membuktikan bahwa Ramadhan bukan bulan malas dan lemah, tapi merupakan bulan kuat, bulan jihad, bulan kemenangan.

Pagar Dewa, 31032023

SalamUJH. (Red)

Artikel Terkait

Artikel Terkait