rza3z0iXwfrhP0Bo61a36W2lz3i7Fxgii3ShC0NK

Cari Blog Ini

Laporkan Penyalahgunaan

Pesan Harian UJH: Syahrul Qur’an (Bulan Al-Qur’an)

 

Foto: Mitradi 

GUDATAnews.com, Bengkulu - Sayup-sayup masih terdengar bacaan Al Qur’an dari berbagai corong masjid yang dipakai jamaah tadarus setelah usai tarawih. Suara asli dan bukan dari flash disk. Hanya bulan Ramadhan kita bisa mendengar suara tadarusan baik anak-anak, remaja, dewasa bahkan para orang tua membaca Al Qur’an. Mungkin itu sebab bulan Ramadhan disebut dengan bulan Al Qur’an.


 

Selain hal di atas, kita juga tahu melalui ayat-ayat Al Qur’an  bahwa Al-Qur’an pertama kali diturunkan pada bulan Ramadhan. Hal itu seperti tercantum dalam Firman Allah dalam Al Baqarah 185

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيْٓ اُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنٰتٍ مِّنَ الْهُدٰى وَالْفُرْقَانِۚ

Bulan Ramadhan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur'an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil). 

Al Qur’an benar-benar hidup selama Ramadhan. Baik di masjid, rumah maupun kantor karena mereka yang jarang baca Al Qur’an  memaksimalkan waktu selama Ramadhan apalagi mereka yang memang hafidz. Maka, wajar bila ramadhan disebut bulan Al Qur’an.

Pagar Dewa, 01042023

Salam UJH. (Red)

Artikel Terkait

Artikel Terkait