rza3z0iXwfrhP0Bo61a36W2lz3i7Fxgii3ShC0NK

Cari Blog Ini

Laporkan Penyalahgunaan

Lomba Lukis Pelajar agar Peduli Gajah Seblat Bengkulu

 

Lomba Lukis Pelajar agar Peduli Gajah Seblat Bengkulu. (Foto: Dokumen)

GUDATAnews.com, Bengkulu - Untuk menumbuhkan kecintaan dan kesadaran akan pentingnya pelestarian lingkungan sejak dini, Kanopi Hijau Indonesia melibatkan puluhan pelajar Sekolah Dasar di Kabupaten Bengkulu Utara dan Mukomuko Provinsi Bengkulu dalam lomba melukis gajah Sumatera yang hidup di kawasan bentang alam Seblat.

Manager Kampanye Hutan dan Perkebunan Kanopi Hijau Indonesia, Erin Dwiyanda mengatakan kegiatan bertema “Bentang alam Seblat untuk masa depan” untuk mengenalkan kekayaan keanekaragaman hayati Bengkulu kepada pelajar.

“Lewat momentum Hari Anak Internasional kami mengajak generasi muda untuk mengenal dan peduli dengan pelestarian lingkungan hidup, terutama mengenal pentingnya bentang alam Seblat bagi kehidupan,” ujar Erin.

Lomba melukis tersebut diikuti 36 pelajar yang mewakili empat Sekolah Dasar yakni SDN 1 Malin Deman, SDN 3 Malin Deman, SDN 8 Malin Deman dan MIN 1 Mukomuko yang digelar pada Sabtu, 27 Mei 2023.

 

Lomba Lukis Pelajar agar Peduli Gajah Seblat Bengkulu. (Foto: Dokumen)

Kegiatan ini menurut Erin juga menjadi bagian dari rangkaian advokasi penyelamatan bentang alam Seblat yang terancam aktivitas manusia seperti perambahan hutan, Perluasan areal perkebunan dan terbaru adalah ancaman dari pertambangan batubara.

Bentang alam Seblat seluas 323.000 hektar, dengan fungsi ekologis sebagai pelindung daerah aliran sungai, penyangga keseimbangan dan perlindungan kehidupan serta penghasil oksigen dan penyerap karbon dan menjadi habitat gajah di Bengkulu.

Secara hidrologis kawasan ini berfungsi sebagai pengatur tata air dan menjadi sumber air irigasi pertanian serta sumber air minum masyarakat penyangga kawasan bentang alam Seblat.

Erin menambahkan bahwa pemenang lomba melukis akan diumumkan pada 5 Juni 2023 bertepatan dengan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

 

Lomba Lukis Pelajar agar Peduli Gajah Seblat Bengkulu. (Foto: Dokumen)

Kepala Sekolah SDN 3 Malin Deman, Rabiani mengatakan kegiatan ini sangat positif untuk mengenalkan pelestarian kawasan bentang alam Seblat kepada anak-anak sejak dini dan anak-anak sangat antusias mengikuti kegiatan.

"Kegiatan yang dilakukan sangat positif, mengenalkan secara dini tentang pelestarian hutan yang ada di wilayah ini dan anak-anak sangat antusias,” ujar Rabiani

Ditambahkan juga oleh Kepala Sekolah SDN 8 Malin Deman, Yatin bahwa kegiatan ini sangat penting untuk menumbuhkan rasa cinta anak-anak sejak dini dalam melestarikan lingkungan.

"Agenda lomba hari ini sangat penting dilakukan, karena salah satu cara untuk menumbuhkan rasa cinta anak-anak untuk melestarikan lingkungan,” tutup Yatin. (Rls)

Artikel Terkait

Artikel Terkait